Desa Trunamanggala Prioritaskan Infrastruktur dan Pemberdayaan 

PRIORITASKAN: Kepala Desa Trunamanggala Hendrik Herdiana saat memaparkan realisasi DD Tahap2 tahun 2024 kepada
PRIORITASKAN: Kepala Desa Trunamanggala Hendrik Herdiana saat memaparkan realisasi DD Tahap2 tahun 2024 kepada Sumeks, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, CIMALAKA – Realisasi Dana Desa (DD) Tahap 2 Tahun 2024 di Desa Trunamanggala, Kecamatan Cimalaka, diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Trunamanggala, Hendrik Herdiana, kepada Sumeks, baru-baru ini.

“Terkait Dana Desa Tahap 2, kami merealisasikan untuk lanjutan pembangunan Jalan Babakanpedes-Pangkalan dengan panjang 300 meter dan lebar 3,5 meter. Kami juga memperbaiki jalan lingkungan di Dusun Sukamaju dengan rabat beton serta membangun green house di Agrowisata Leweungtiis di RW 05,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan peningkatan jalan dengan pelaburan rabat beton beraspal (Buras) sepanjang 500 meter dan lebar 3 meter. Serta melakukan pemeliharaan Balai Masyarakat dan membangun TPT di lingkungan Perum Citramas.

Baca Juga:Pemdes Jatimulya Fokus pada Kesehatan dan PembangunanPasar Kaget Kawasan Tol Bojong Dorong Ekonomi UMKM

Lebih lanjut, Hendrik menjelaskan, bahwa untuk pemberdayaan non-fisik, Dana Desa Tahap 2 digunakan untuk pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), pemberian makanan tambahan (PMT), penyuluhan ANC Class, dan penyaluran BLT DD kepada 30 keluarga penerima manfaat.

“Untuk peningkatan kapasitas Pokdarwis, yang melibatkan para pengurus dan Ketua RT/RW, pembinaan akan dilakukan minggu depan dengan narasumber dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sumedang. Kami juga akan memberikan seragam untuk pengurus Pokdarwis,” tambahnya.

Hendrik juga berterima kasih kepada warga Desa Trunamanggala atas pencapaian target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang telah mencapai 63 persen.

“Sebagai Kepala Desa, saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memenuhi kewajiban PBB-nya. Hingga awal September, dari target sebesar Rp 257.044.255, telah terealisasi Rp 160.844.343. Kami berharap bagi warga yang belum membayar, segera melunasinya agar tidak terkena denda,” ujarnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk memelihara fasilitas infrastruktur yang sudah dibangun.

“Atas nama Pemerintahan Desa Trunamanggala, kami meminta masyarakat untuk turut menjaga kebersihan drainase agar tidak tersumbat. Hal ini penting untuk mencegah kerusakan jalan akibat genangan air,” tutupnya. (ahm)

0 Komentar