Gimana Tanggapan ADOR Setelah Sutradara MV Ditto Hapus Video? Simak Di Sini!

Gimana Tanggapan ADOR Setelah Sutradara MV Ditto Hapus Video? Simak Di Sini!
(id.pinterest.com) Gimana Tanggapan ADOR Setelah Sutradara MV Ditto Hapus Video? Simak Di Sini!
0 Komentar

sumedangekspres – Pada 3 September 2024, sutradara MV “Ditto” dari NewJeans, Shin Woo Suk, mengungkapkan rasa kecewanya terhadap ADOR.

Masalah ini bermula ketika Ban Heesoo Channel mengunggah video NewJeans, lalu menghapusnya dan mengklaim bahwa ADOR yang meminta penghapusan tersebut.

Sutradara tersebut merasa ADOR telah mengabaikan kesepakatan dan etika bisnis. ADOR pun merespons pada 9 September 2024 dengan pernyataan resminya.

“Halo, ini ADOR.

Baca Juga:Album CRAZY LE SSERAFIM Masuk Billboard 200, Cek Prestasi Gokilnya!7 Bulan Menghilang, Nikocado Avocado Kini Bikin Geger Dengan Berat Badan Turun 113 Kg!

Dalam kontrak produksi video musik antara ADOR dan Dolphin Kidnappers, jelas disebutkan bahwa hak atas video musik dan karya terkait lainnya adalah milik ADOR. Jadi, mengunggah video yang berisi IP NewJeans di saluran Dolphin Kidnappers tanpa persetujuan ADOR adalah pelanggaran kontrak.

Kami meminta Dolphin Kidnappers untuk memberikan bukti seperti email atau pesan KakaoTalk mengenai perjanjian dan persetujuan penggunaan hak cipta dan gambar artis, atau menghapus ‘Director’s Cut’. Melindungi karya artis adalah tugas kami sebagai label. Jika Dolphin Kidnappers punya perjanjian dengan ADOR, mereka harus menunjukkannya. Karena kami belum menerima bukti, kami harus mengikuti aturan untuk melindungi hak cipta artis.

Faktanya, ADOR hanya meminta untuk “menghapus atau menghilangkan bagian khusus merek dari ‘ETA Music Video Director’s Cut.’” Kami tidak pernah meminta Dolphin Kidnappers untuk menghapus video di saluran Ban Heesoo. Saluran Ban Heesoo dibuat sesuai dengan ‘Pedoman Pembuatan Saluran Daring’ ADOR. Kami hanya memeriksa fakta dari ‘ETA Music Video Director’s Cut’ untuk melindungi hak cipta artis dan tidak pernah menyebut saluran Ban Heesoo. ADOR tidak berniat menghapus saluran Ban Heesoo. Dolphin Kidnappers bisa terus mengoperasikan saluran mereka, selama mereka mengikuti kewajiban kontrak terkait karya artis.

Reaksi berlebihan dengan menghapus semua konten karena klaim pelanggaran kontrak, yang berakar dari ketidaknyamanan kreator, tampaknya merugikan NewJeans dan penggemar mereka. Kami berharap ini tidak memperburuk situasi bagi artis dan penggemar dengan memanfaatkan YouTube.

Kami minta maaf kepada NewJeans dan Bunnies atas kekhawatiran yang disebabkan oleh kontroversi ini. ADOR akan berusaha menyelesaikan masalah ini secepat mungkin dengan fakta yang akurat.

0 Komentar