Jalan Desa Raharja Rusak Berlubang, Warga Minta Perbaikan Segera

MEMPRIHATINKAN: Sejumlah pengendara saat melintas dijalanan yang rusak di Desa Raharja di Kecamatan Tanjungsar
MEMPRIHATINKAN: Sejumlah pengendara saat melintas dijalanan yang rusak di Desa Raharja di Kecamatan Tanjungsari, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, TANJUNGSARI – Kondisi Jalan Desa Raharja di Kecamatan Tanjungsari, semakin memprihatinkan. Selain dipenuhi lubang, genangan air akibat hujan deras semakin memperburuk akses warga yang melewati jalan tersebut.

Warga berharap ada perbaikan secepatnya agar akses transportasi bisa berjalan lebih lancar. Belum lam ini terjadi hujan deras mengguyur wilayah Tanjungsari, menyebabkan genangan air di beberapa titik Jalan Desa Raharja. Akibat genangan tersebut, lubang-lubang yang sudah lama terbentuk semakin dalam dan membahayakan pengendara.

Salah seorang warga, Dedi Rojali, mempertanyakan kapan perbaikan jalan akan dilakukan.

Baca Juga:Kelurahan Situ Optimalkan Penarikan PBBDesa Mekarjaya Gelar Musyawarah Penetapan RKPDes Tahun 2024

“Kami ingin tahu kapan jalan ini akan diperbaiki. Kebetulan kemarin ada anggota DPRD Sumedang dari Fraksi Golkar yang lewat,” ungkap Dedi, baru-baru ini.

Pada saat itu, Dedi tengah melintas di jalan tersebut bersama sejumlah warga dan pengemudi ojek pangkalan. Mereka berinisiatif untuk menutup sementara lubang-lubang jalan dengan sampah yang dimasukkan ke dalam kantong plastik, sambil menunggu perbaikan yang lebih permanen.

“Kami hanya bisa menutup lubang-lubang itu dengan keresek sampah agar genangan air tidak menambah bahaya bagi pengguna jalan,” tambah Dedi.

Di saat yang sama, sebuah mobil Mitsubishi Pajero Sport berwarna putih milik anggota DPRD Kabupaten Sumedang dari Fraksi Golkar, Sonia Sugian, melintasi jalan tersebut. Melihat kesempatan itu, warga segera menghentikan mobil Sonia dan meminta penjelasan terkait status perbaikan jalan.

“Kami hanya ingin menyampaikan aspirasi, bukan menghalangi jalan. Kami khawatir pengendara bisa jatuh ke dalam lubang,” ujar Dedi.

Dedi juga menjelaskan bahwa perbaikan terakhir di Jalan Desa Raharja dilakukan pada tahun 2021, namun hasilnya tidak bertahan lama.

“Waktu itu, jalan ini dihotmix, bukan dicor. Akibatnya, karena banyak kendaraan besar yang lewat, jalannya kembali rusak,” jelas Dedi.

Baca Juga:SDN Cilaku Kurang Ruang Kelas, KBM Dilakukan BergiliranTurunan Curam Banyak Makan Korban, Warga Desa Sindulang Desak Pemda Benahi Fasilitas Keselamatan

Jalan ini menjadi rute yang sering dilalui oleh truk besar yang menuju pabrik dan gudang rongsokan, menambah beban yang mempercepat kerusakan.

Sementara itu, Sonia Sugian yang dihentikan warga menegaskan komitmennya untuk memperjuangkan perbaikan jalan tersebut.

“Saya berjanji akan menyampaikan aspirasi warga ini ke pihak eksekutif. Meski jalan ini statusnya milik desa, kami akan coba bantu melalui DPRD,” ujar Sonia saat dihubungi melalui telepon.

0 Komentar