Update Gempa Kabupaten Bandung, Warga Panik dan Sejumlah Bangunan Mengalami Kerusakan

gempa bumi dengan magnitudo 5,0 itu mengakibatkan sejumlah kerusakan
gempa bumi dengan magnitudo 5,0 itu mengakibatkan sejumlah kerusakan
0 Komentar

sumedangekspres, Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu, 18 September 2024.

Guncangan gempa dengan magnitudo 5.0 dirasakan warga sekitar pukul 09.41 WIB.

Dilansir dari Jabarekspres, bencana alam ini menyebabkan sejumlah bangunan mengalami kerusakan di sejumlah titik.

Disebutkan juga bahwa, sampai saat ini, masih banyak warga yang terkejut dan memilih untuk berdiam diri di luar rumah.

Baca Juga:Penyebab Gempa Kabupaten Bandung Aktivitas Sesar Garsela, Sesar Paling Aktif di Jawa BaratGempa Magnitudo 3,5 Guncang Kabupaten Garut

warga khawatir akan datang gempa susulan yang lebih besar. Sementara itu, kerusakan terjadi antara lain di wilayah Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Dijelaskan oleh Ketua Unit Cegah Siaga (UCS) Kecamatan Kertasari, Deden Saputra, bahwa guncangan terasa cukup kuat di wilayahnya.

Menurut dia, ketika gempa terjadi warga langsung berhamburan ke areal lapangan yang dinilai lebih aman.

“Iya tadi kerasa gempanya kenceng banget. Tadi lagi kegiatan di kecamatan. Terus pada berlarian ke keluar dan langsung pada diem di lapangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Deden mengungkapkan, bahwa gempa bumi dengan magnitudo 5,0 itu mengakibatkan sejumlah kerusakan. Antara lain menyebakan gerbang kantor kecamatan dan tembok roboh.

“Yang rusak sementara mah gerbang dan benteng kecamatan 80 persen rubuh, kantor KUA, dan ada beberapa pedagang di kertasari gerobaknya pada berjatuhan,” tuturnya.

Dia menambahkan, bahwa warga masih panik dan memilih untuk berdiam diri di lapangan. Pihaknya juga masih melakukan upaya pendataan untuk mengetahui warga yang terdampak gempa.

Baca Juga:Rekomendasi Kerudung untuk Batik yang MenawanPadupadan Baju Batik Gaya Kekinian

“Sekarang warga masih pada diem di lapang. Termasuk kendaraan juga. Warga masih panik di tengah lapang. Kami belum pendataan. Soalnya masih ada goyangan-goyangan,” jelas Deden.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa pusat gempa berada di 24 kilometer sebelah tenggara Kabupaten Bandung.

“Gempa Mag:5.0, 18-Sep-24 09:41:08 WIB, Lok:7.19 LS,107.67 BT (24 km Tenggara KAB-BANDUNG-JABAR), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami,” demikian keterangan tertulis BMKG.

Artikel ini telah tayang di radar cirebon dengan judul Update Gempa Kabupaten Bandung, Warga Panik dan Sejumlah Bangunan Mengalami Kerusakan

0 Komentar