Waspada Gempa Susulan, Jangan Panik, BPBD Sumedang Pantau Sejumlah Lokasi Rawan Terdampak

HIMBAU: Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang Atang Sutarno saat mema
HIMBAU: Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang Atang Sutarno saat memanatau di beberapa lokasi rawan, Rabu (18/9).
0 Komentar

sumedangeksrpes, KOTA – Gempa berkekuatan magnitudo 5,0 yang mengguncang beberapa wilayah Kabupaten Bandung, Rabu (18/9) sekitar pukul 09.41. Guncangan gempat turut dirasakan di beberapa wilayah Kabupaten Sumedang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang Atang Sutarno membenarkan gempa di Kabupaten Bandung juga turut dirasakan di beberapa wilayah Kabupaten Sumedang. Bahkan, sampai beberapa pelosok.

“Yang paling dirasakan di Kabupaten Sumedang adalah di Kota dan wilayah Barat,” kata Atang saat dikonfirmasi Sumeks.

Baca Juga:Tolak Money Politic, Muhamadiyah Akan Bedah Visi Misi Cabup-Cawabup SumedangLapas Sumedang Terima Napiter, Lakukan Proses Deradikalisasi

Dikatakan, meski getaran terasa hingga di Sumedang, tapi situasi Sumedang dipastikan aman terkendali. Keadaan Sumedang kondusif meski merasakan gempa Bandung.

Atang mengatakan, BPBD Sumedang telah melakukan langkah nyata dengan mendatangi dan mengecek beberapa titik yang dianggap rawan terkena dampak gempa. Seperti Rumah Sakit, PLN, perkantoran dan wilayah lainnya yang dianggap vital.

Disebutkan, pihaknya menurunkan tiga tim untuk mendatangi wilayah-wilayah yang dianggap vital tersebut.

“Hasilnya, ketiga tim tersebut melaporkan keadaan Sumedang aman dan tidak ada kerusakan berarti di beberapa titik yang dianggap rawan tersebut,” jelasnya.

Atang mengimbau agar warga tidak panik dengan adanya gempa tersebut. Warga diimbau tidak panik dan resah.

“Percayakan kepada Pemerintah yang akan memberikan informasi yang terpercaya. Dan jangan percaya terhadap oknum yang menyebarkan informasi tidak jelas,” ungkap Atang.

“Warga pun diharapkan selalu waspada dan hati-hati karena dikhawatirkan adanya gempa susulan,” imbuhnya

Baca Juga:Bhabinkamtibmas Desa Sawahdadap Ingatkan Warga Soal Politik UangKecamatan Cimanggung Mantapkan Persiapan Pilkada 2024

Berdasarkan laporan sementara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), titik gempa di Kabupaten Bandung ini berada pada koordinat 7,19 Lintang Selatan (LS) dan 107,67 Bujur Timur (BT).

Sementara itu, pusat gempa berlokasi di darat atau 24 kilometer Tenggara Kabupaten Bandung. Dalam keterangan resminya BMKG menyebut gempa bumi yang pagi ini melanda tidak berpotensi bencana tsunami. (bim)

0 Komentar