Pengetahuan! Bentuk Janin pada Usia 4 Bulan Memang Semakin Mirip dengan Bayi yang akan Lahir

ibu hamil 4 bulan
Bentuk janin pada usia 4 bulan memang semakin mirip dengan bayi yang akan lahir.
0 Komentar

sumedangekspres – Bentuk janin pada usia 4 bulan memang semakin mirip dengan bayi yang akan lahir. Pada tahap ini, janin menunjukkan perkembangan yang signifikan; tubuhnya semakin jelas terlihat dengan adanya kepala, tangan, dan kaki yang mulai terbentuk. Organ-organ vital juga terus berkembang pesat, sementara wajah janin mulai memiliki detail seperti mata, hidung, dan mulut.

Menariknya, pergerakan janin mulai terasa oleh ibu, menandakan bahwa pertumbuhan janin semakin aktif. Ini adalah waktu yang sangat menarik dalam proses kehamilan, karena berbagai perkembangan penting terjadi.

Bentuk Janin 4 Bulan di Dalam Perut Bumil

Memasuki usia kehamilan 4 bulan, Bumil sudah melewati trimester pertama. Selamat! Di tahap ini, Si Kecil berukuran sekitar 10–14 sentimeter dan beratnya mencapai 110–140 gram.

Berikut adalah bentuk janin 4 bulan dan tahap pertumbuhannya:

1. Ukuran Badannya Sebesar Buah Alpukat

Baca Juga:Anak Muda dan Nelayan di Karawang Dukung Syaikhu-Ilham Habibie Menang di JabarPohon Tumbang Menutupi Sebagian Badan Jalan Prabu Geusan Ulun Depan Mayasi

Ukuran dan berat janin terus bertambah, dan saat ini, Si Kecil mungkin seukuran buah alpukat. Ukuran dan bobotnya akan terus berkembang seiring bertambahnya usia kandungan.

2. Kulit Masih Transparan

Kulit janin pada usia ini masih tembus pandang, membuat bentuknya belum sepenuhnya jelas. Namun, janin sudah mulai terlihat mirip bayi.

3. Rambut dan Kuku Mulai Tumbuh

Di usia ini, janin sudah mulai ditumbuhi rambut halus yang disebut lanugo, serta kuku yang mulai terbentuk dan menguat.

4. Alat Kelamin Terus Berkembang

Organ reproduksi janin juga berkembang. Pada janin laki-laki, penis dan testis sudah terbentuk, sedangkan klitoris janin perempuan semakin jelas. Jenis kelamin dapat terdeteksi melalui USG sekitar minggu ke-16 kehamilan.

5. Tulang dan Gigi Makin Keras

Tulang-tulang, termasuk tengkorak, tangan, dan kaki, semakin mengeras, membantu bentuk tubuh janin semakin mirip bayi. Namun, tulang tengkorak belum sepenuhnya keras, sehingga bagian ubun-ubun masih lunak.

6. Sidik Jari Mulai Terbentuk

Di usia ini, pola sidik jari sudah mulai terbentuk, menjadikannya unik bagi setiap individu.

Perkembangan Janin 4 Bulan

Meskipun ukuran janin masih kecil, perkembangan pesat terjadi, seperti:

1. Mulai Bisa Bergerak

Janin mulai melakukan gerakan sederhana, seperti menggerakkan tangan dan kaki. Gerakan ini awalnya mungkin hanya terasa seperti kedutan ringan di perut Bumil.

0 Komentar