Pemdes Jatimulya Tetapkan RKPDes Tahun 2025

SEPAKATI: Kepala Desa Jatimulya, Entis Sutisna, S.Sos., (ketiga dari kanan) saat mendampingi Kasi Pemdes Kecam
SEPAKATI: Kepala Desa Jatimulya, Entis Sutisna, S.Sos., (ketiga dari kanan) saat mendampingi Kasi Pemdes Kecamatan Sumedang Utara, Endang Rohman, S.IP., pada pembukaan acara kegiatan Musrenbang di Aula desa, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Pemerintah Desa Jatimulya menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) dalam rangka penetapan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2025. Acara tersebut berlangsung di Aula Desa Jatimulya dan dibuka oleh Kasi Pemerintahan Desa Kecamatan Sumedang Utara, Endang Rohman S I P, yang didampingi oleh Kepala Desa Jatimulya, Entis Sutisna S Sos.

Selain itu, turut hadir Pendamping Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua BPD Desa Jatimulya beserta anggota, tokoh masyarakat, jajaran perangkat desa, dan pengurus PKK Desa Jatimulya.

Kades Jatimulya, Entis, menjelaskan, RKPDes merupakan bagian dari proses perencanaan pembangunan desa yang melibatkan beberapa tahapan, mulai dari lokakarya, rembug stunting, pembentukan tim perumus RKPDes, hingga rapat penetapan yang saat ini dilaksanakan. Setelah ditetapkan, RKPDes akan menjadi dasar pembahasan untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Baca Juga:HUT TNI Ke-79, Dandim Ziarah ke Makam Pahlawan CimayorFajar Aldila Punya Program Revitalisasi Pasar

“RKPDes ini mencakup seluruh kegiatan yang direncanakan untuk tahun berikutnya, yang berasal dari usulan masyarakat dan perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Semua masukan ini kemudian dibahas dan ditetapkan di forum Musrenbang,” ujar Entis.

Terkait pembangunan yang disepakati dalam Musrenbang tersebut, Entis menjelaskan ada beberapa prioritas utama. Pertama, peningkatan infrastruktur berupa pembangunan dan perbaikan jalan, jembatan, serta fasilitas umum untuk mendukung aktivitas masyarakat.

“Kedua, pembangunan sektor pemberdayaan ekonomi melalui program pelatihan keterampilan guna mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” lanjutnya.

Selain itu, Entis juga menyebutkan, pembangunan di sektor pendidikan dan kesehatan, yang mencakup penyediaan fasilitas pendidikan yang memadai serta peningkatan layanan kesehatan bagi seluruh warga Desa Jatimulya.

“Keempat, pembangunan lingkungan hidup dan pelestarian alam melalui program pengelolaan sampah, penghijauan, serta penanggulangan bencana,” tambahnya.

Penetapan pembangunan tersebut disepakati dalam Musrenbang yang digelar, baru-baru ini. Kades berharap semua usulan masyarakat dapat terakomodir dengan baik dalam rencana pembangunan desa.

“Semoga semua elemen masyarakat dan stakeholder di Desa Jatimulya dapat berkolaborasi dengan semangat gotong royong, transparansi, dan akuntabilitas, untuk mewujudkan Desa Jatimulya yang lebih maju dan sejahtera,” tutup Entis. (Ahm)

0 Komentar