Informasi publik Tak Sekedar Transparansi, Namun Berdampak Terhadap Kesejahteraan

Informasi publik Tak Sekedar Transparasi, Namun Berdampak Terhadap Kesejahteraan
Informasi publik Tak Sekedar Transparasi, Namun Berdampak Terhadap Kesejahteraan
0 Komentar

sumedangekspres – Keterbukaan informasi publik merupakan salah satu pilar penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Untuk itu, Pemda Kabupaten Sumedang berkomitmen untuk memberikan akses informasi seluas-luasnya kepada masyarakat.

“Salah satu inovasi unggulan yang diterapkan di Kabupaten Sumedang adalah Command Center. Pusat kendali digital yang kini dapat diakses oleh publik. Inovasi ini memberikan ruang bagi masyarakat untuk memperoleh informasi secara cepat dan real time, memastikan setiap proses pemerintahan berjalan transparan dan akuntabel,” ujar Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli saat menerima tim Visitasi dan Presentasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik melalui zoom meeting di Command Center Selasa (8/10/2024).

Yudia menyebutkan, atas berbagai inovasi yang telah dilakukan, Kabupaten Sumedang berhasil meraih penghargaan bergengsi baik di tingkat nasional maupun provinsi.

Baca Juga:Hebat, KPK Jadikan Sumedang Sebagai Kandidat Kabupaten Anti KorupsiSumedang Raih Penghargaan Penyelenggara Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2024 dari Menpan RB

“Pengakuan ini menjadi bukti nyata keberhasilan Sumedang dalam mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik,” ujarnya.

Menurut Yudia, informasi publik tidak hanya memberikan transparasi, namun juga berdampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Kini dengan keterbukaan dan digitalisasi, masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi, meningkatkan partisipasi serta mempercepat pelayanan yang pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup masyarakat Sumedang,” tuturnya.

Namun Yudia juga menyadari bahwa masih banyak ruang untuk perbaikan dan peningkatan.

“Oleh karena itu, kegiatan Monev ini sangat kami apresiasi sebagai sarana introspeksi dan perbaikan ke depan,” imbuhnya. (red)

0 Komentar