Masyarakat Adat Ujungjaya Minta Bupati Perhatikan Budaya

INGATKAN: Ketua Lembaga Masyarakat Adat Ujungjaya Teguh Sugihyama saat berbincang dengan Sumeks di Kecamatan U
INGATKAN: Ketua Lembaga Masyarakat Adat Ujungjaya Teguh Sugihyama saat berbincang dengan Sumeks di Kecamatan Ujungjaya, Rabu (9/10).
0 Komentar

sumedangekspres, UJUNGJAYA – Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Ujungjaya akan bersikap netral dan tidak memaksakan untuk memilih kepada salah satu Paslon dalam Pilkada 2024. Hal itu disampaikan Ketua LMA Ujungjaya Teguh Sugihyama saat berbincang dengan Sumeks di kediamannya, Rabu (9/10).

“Kami tidak memberikan dukungan kepada salah satu Paslon. Silahkan berdasarkan hati masing-masing dalam memilih,” ujar Teguh.

Namun, ditegaskan Teguh, dirinya berharap kepada Bupati Sumedang yang terpilih dalam Pilkada 2024 memberikan perhatian kepada masyarakat adat dan budaya di Sumedang.

“Soalnya keberadaan masyarakat adat saat ini tidak terlalu diperhatikan,” tegasnya.

Baca Juga:Hanya Di Sumedang Liburan Bisa Sambil Bikin KTPKorsleting Listrik, Dua Rumah di SBG Cimanggung Ludes Terbakar

Dia pun meminta kepada Bupati Sumedang terpilih nanti untuk menginventarisir berbagai budaya yang ada di Sumedang.

“Kemudian, budaya yang diperkirakan sudah mulai jarang dan rentan hilang wajib dipertahankan dan diberdayakan,” tegasnya.

Terkait keberadaan SPBS di Sumedang sendiri, Teguh menjelaskan, SPBS di Sumedang memang ada, tetapi kalau ke Ujungjaya kurang begitu dirasakan. Pihaknya tidak mengetahui penyebab pastinya.

“Kami tidak mengetahui apa penyebabnya. Mungkin para tokohnya sibuk. Namun, berharap diasa Bupati mendatang bisa lebih perhatian,” tegasnya. (bim)

0 Komentar