Puskesmas Baru di Cimanggung Solusi Kesehatan yang Lama Dinantikan

Puskesmas Kecamatan Cimanggung
Puskesmas Kecamatan Cimanggung
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG- Setelah bertahun-tahun menanti, warga Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, akhirnya akan mendapatkan fasilitas kesehatan yang telah lama dinantikan Puskesmas Dengan Tempat Perawatan (DTP).

Pembangunan fasilitas ini diharapkan dapat mengatasi tantangan kesehatan yang selama ini mereka hadapi, terutama terkait kapasitas Puskesmas yang tidak lagi memadai untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, dalam keterangannya beberapa waktulalu menyebutkan bahwa anggaran sebesar Rp 5 miliar telah disiapkan untuk pembelian lahan di Desa Sindanggalih, yang akan menjadi lokasi pembangunan Puskesmas baru.

Baca Juga:Surat Suara untuk Pilbup Kabupaten Sukabumi Mulai DidistribusikanKorban Kebakaran di SBG Cimanggung Terima Bantuan

“Tahun ini kita targetkan membeli lahan untuk pembangunan Puskesmas DTP Cimanggung. Semoga tahun depan kita bisa mulai pembangunan fisik,” ujar Yudia dalam rapat koordinasi di Jatinangor, beberapa waktu lalu.

Harapannya, dengan lahan yang sudah siap, pembangunan infrastruktur Puskesmas dapat segera terealisasi di tahun mendatang.

Pembangunan Puskesmas DTP ini sangat krusial mengingat kondisi Puskesmas Cimanggung yang ada saat ini sudah tidak mampu lagi menampung jumlah pasien yang terus meningkat.

Menurut data dari Pemerintah Kabupaten Sumedang, overload-nya kapasitas Puskesmas menyebabkan banyak warga terpaksa mencari layanan kesehatan ke luar kecamatan, yang tidak hanya memberatkan secara finansial, tetapi juga menambah risiko kesehatan karena terlambatnya perawatan.

Kondisi ini makin mendesak, terutama dalam mendukung program unggulan Sumedang, yaitu “New Zero Stunting.” Fasilitas kesehatan yang memadai, seperti

Puskesmas DTP, menjadi sangat penting untuk memastikan setiap warga mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang optimal.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Ridwan Solichin, yang juga merupakan calon Wakil Bupati dari PKS, turut menyampaikan dukungannya terhadap rencana relokasi Puskesmas ini.

Baca Juga:PC GP Ansor Sumedang: Saking Mandirinya Kita Tidak Pernah Dapat Anggaran dari PemerintahBiadab, Sopir Truk di Tanjungsari Tancap Gas Usai Serempet Pemotor Hingga Tewas

Menurutnya, pembangunan Puskesmas DTP di Cimanggung adalah langkah nyata untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dasar.

“Kami serius mendorong relokasi ini, bahkan saya sudah meminta komitmen dari dewan provinsi dan pusat untuk mengalokasikan dana aspirasinya,” ujarnya.

Dia menegaskan bahwa koalisi Golkar dan PKS memiliki dukungan tujuh belas dewan Kabupaten Sumedang, dua anggota dewan provinsi dan tiga anggota dewan pusat, sehingga diharapkan proses pembangunan dapat berjalan lancar.

0 Komentar