Air Waduk Surut Jadi Moment Nostalgia Warga eks Genangan Jadi Objek Latar Belakang Foto

Air Waduk Surut Jadi Moment Nostalgia Warga eks Genangan Jadi Objek Latar Belakang Foto
Seorang warga sekitar Bendungan Jatigede saat mengambil ikan di wilayah genangan, baru-baru ini. (Foto: DOK SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Darmaraja – Surutnya air Waduk Jatigede jadi moment nostalgia bagi warga eks wilayah genangan.

Surutnya air waduk membuat sebagian wilayah dan bangunan bermunculan kembali. Seperti puing bangunan rumah dan bangunan-bangunan sarana umum. Diantaranya, masjid, sekolah dan kantor desa.

Bagi sebagian warga eks genangan, kondisi tersebut, dimanfaatkan untuk mengenang masa lalunya.

Baca Juga:Siswa Antusias Sambut PTM TerbatasMTsN 3 Sumedang Mulai Gelar PTM

Salah satu warga eks Desa Cibogo Kecamatan Darmaraja, Abdul Rosid menyebutkan, surutnya air waduk terkadang seperti membuka luka lama. Kesedihan beberapa tahun silam kembali tersirat dalam ingatan warga karena harus meninggalkan tanah kelahirannya.

“Kalau air ini surut, segala bentuk aktivitas dulu di wilayah Cibogo kembali terkenang lagi. Karena areal tempat aktivitasnya bermunculan lagi,” kata Abdul Rosid kepada Sumeks.

Namun, disisi lain surutnya air tersebut menjadi satu kesempatan bagi warga untuk kembali mengunjungi bekas tempat tinggalnya.

“Disatu sisi, saya merasa sedih dengan surutnya air waduk ini, tapi di sisi lain saya bisa mengunjungi areal tempat saya dulu tinggal,” katanya.

Dikatakan, saat ini air waduk belum surut sampai pemukiman Cibogo. Namun, ada sebagian wilayah yang muncul seperti areal pesawahan dan tempat bermain masa kecilnya.

“Saat ini belum surut sampai ke pemukiman, tapi ada sebagian areal yang muncul,” terang dia.

Warga eks wilayah genangan lainnya, Dede yang merupakan eks Desa Jatibungur menyebutkan, untuk wilayah Jatibungur, saat ini sudah banyak areal pemukiman yang bermunculan.

Baca Juga:Masyarakat Berharap Perbaikan Jalan Cicabe-Cisempur Segera TerealisasikanKementrian PUPR Siapkan 10 Unit Rumah dari 40 Usulan

“Untuk areal Jatibungur, sudah banyak pemukiman bermunculan termasuk bekas bangunan kantor desa, sekolah dan m4sjid,” katanya.

Sementara itu, surutnya perairan Bendungan Jatigede dimanfaatkan sebagian orang menjadi objek foto.
Suasana puing bekas tembok bangunan rumah, hamparan hijau rumput dan suasana daratan bekas perkampungan menjadi buruan para warga untuk dijadikan tempat berfoto.

Tak hanya warga, suasana surutnya perairan waduk juga menjadi incaran para pehobi foto, fotografer profesional dan youtuber.

“Ada momen yang menarik saat air surut,. Banyak yang bagus buat difoto juga untuk latar belakang foto,” ujar Wikarta salah seorang pehobi foto.

0 Komentar