Sumber Penghasilan Youtuber dan Cara Menghitungnya

Sumber Penghasilan Youtuber dan Cara Menghitungnya
0 Komentar

SUMEKS – Mendapatkan penghasilan dari hobi adalah cita-cita dari semua orang. Youtuber menjadi salah satu profesi yang saat ini diidam-idamkan oleh banyak orang. Namun, tahukah kamu dari mana saja sumber penghasilan Youtuber dan bagaimana cara menghitungnya? Kali ini, Sumeks sudah merangkumnya. Simak dibawah ini.

Sumber penghasilan youtuber

Penasaran darimana lagi sumber pendapatan Youtuber? Berikut ini adalah beberapa sumber pendapatan Youtuber yang menarik untuk kamu ketahui.

1. YouTube partner program
Langkah pertama seorang Youtuber menghasilkan uang adalah dengan bergabung di YouTube Partner Program. Pernah terpotong iklan saat kamu sedang menonton kanal YouTube favoritmu? Nah, itu artinya Youtuber tersebut telah memenuhi syarat untuk bergabung dengan program ini.

Baca Juga:Hj Thoriqoh Ajak Anak Muda Pahami Nilai-nilai PancasilaDaftar Penghasilan Youtuber, Wow!

Adapun syaratnya adalah kanal YouTube tersebut selama setahun telah memiliki angka watch time minimal 4000, dan 1000 subscribers. Setelah memenuhi syarat, kamu pun siap untuk mendapatkan uang dari program ini.

2. YouTube Sponsorships
Brand produk tertentu akan membayar YouTuber untuk menciptakan satu video advertorial khusus untuk produk tersebut. Dalam hal ini, YouTuber akan mengajukan harga sekitar sekitar Rp750 ribu per 1000 penonton.

Tentunya angka tersebut akan semakin bertambah dengan jumlah penonton yang semakin banyak. Itulah mengapa YouTube Sponsorship adalah salah satu sumber penghasilan yang didambakan seorang YouTuber.

3. YouTube affiliate marketing
Langkah yang satu ini adalah di mana pengiklan membayar YouTuber melalui CTR, berapa banyak orang membeli produk melalui link yang kamu sisipkan, dan komisi.

Pernah melihat YouTuber favoritmu menayangkan video review suatu produk, nah itulah yang disebut dengan YouTube affiliate marketing.

Jadi, berapa gaji YouTuber?

Nah, untuk berapa gaji youtuber, kira-kira seperti ini gambarannya;

2.000 views menghasilkan 250 orang yang menonton iklan hingga akhir

$18 per view x 250 views = $45 dibebankan ke pengiklan

$45 x 68% revenue share = $30 per 2.000 views akan dibayarkan kepada content creator/youtuber.

Baca Juga:Jayadwara Mampu Mendobrak Warna Musik BaruKarangbungur Fokus Bangun Infrastruktur

Sedangkan untuk video yang disponsori oleh produk tertentu, youtuber akan mendapatkan bayaran sesuai perjanjian kedua belah pihak.

0 Komentar