oleh

Sumedang Banjir Penghargaan pada Peringatan Hari Ibu (PHI) Tingkat Jabar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Setelah sehari sebelumnya meraih tiga penghargaan pada Festival Literasi Digital Jawa Barat 2021, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang kembali meraih penghargaan di tingkat Provinsi Jawa Barat pada puncak peringatan Hari Ibu (PHI) ke-93 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika Bandung, Rabu (22/12).

Tak tanggung-tanggung kali ini pun penghargaan yang diraih sebanyak tiga kategori yakni pertama, sebagai Best Practice dan Peserta Terbaik Sekoper Cinta (Sekolah Perempuan Menggapai Impian dan Cita-cita) sehingga berhak menerima piagam penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp. 10 juta.

Penghargaan kedua ialah Terbaik I Kategori Kabupaten/Kota dalam Kinerja Pelaksanaan Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting. Penghargaan ketiga ialah Kategori Kabupaten/Kota Paling Replikatif masih dalam pelaksanaan Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting.

Selain penyerahan piagam penghargaan, juga dilaksanakan prosesi wisuda bagi lulusan Sekoper Cinta se-Jawa Barat secara virtual oleh Ketua TP PKK Jawa Barat Athalia Praratya Kamil.

Karena begitu banyaknya jumlah peserta dari Kabupaten Sumedang yang mengikuti (Sekoper Cinta), maka Kabupaten Sumedang mendapatkan penghargaan langsung dari Gubernur Jawa Barat sebagai Best Practice.

Gubernur Jawa Barat  Ridwan Kamil  mengatakan, Jawa Barat adalah Provinsi yang sangat serius dalam mengedukasi perempuan, ibu-ibu rumah tangga untuk lebih pintar dan cerdas.

“Salah satu program unggulan Pemprov Jabar yakni Sekoper Cinta sudah merangkul sekitar 29 ribu peserta dari kabupaten/kota di Jawa Barat dimana sekitar 12.000 sudah diwisuda,” tuturnya.

Menurutnya, SDM itu kuncinya ada di kaum Ibu dimana kalau di ibunya tercerahkan, tercerdaskan maka turunannya pasti lebih cerdas lebih hebat membawa Indonesia maju luar biasa.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada semua pihak. Mudah-mudahan dengan wisuda hari ini, sesuai salah satu janji peserta yang diwisuda, bisa mengajak yang lain di seluruh desanya untuk mengikuti program ini,” kata Gubernur.

Lebih lanjut Gubernur mengungkapkan, pada Peringatan Hari Ibu ke-93 juga diberikan penghargaan TP PKK, Posyandu, PGRI dan Desa-Desa Juara yang berprestasi.

“Hadiahnya “Mobil Maskara”, mobil yang serbaguna untuk digunakan berbagai aktifitas. Inilah optimisme Jawa Barat. Mudah-mudahan di Tahun 2022 kembali normal sehingga fokus kepada hal-hal inspiratif yang kita saksikan hari ini,” ungkap Gubernur.

Sementara itu, Wabup H Erwan Setiawan merasa bersyukur di Hari Ibu yang ke-93 Kabupaten Sumedang mendapatkan banyak penghargaan dari Provinsi Jawa Barat.

“Terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah bekerja keras selama ini sehingga kita bisa menjadi yang terbaik di Jawa Barat,” ucap Wabup.

Adapun tiga penghargaan lainnya pada Festival Literasi Digital Jawa Barat 2021 ialah penghargaan Government Award berupa Sandikamimania, Government Award untuk Desa Digital Terbaik oleh Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta dan penghargaan Kategori Tokoh Peduli Literasi Digital. (rls/nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.