Ustadz Abdul Somad Jabarkan 5 Hikmah Puasa Ramadhan

Ustadz Abdul Somad Jabarkan Lima Hikmah
Ustadz Badul Somad (foto : Instagram Ustadz Abdul Somad)
0 Komentar

sumedangekspres – Bukan tanpa alasan apabila bulan ramadhan dikatakan sebagai bulan istimewa bagi umat Muslim serta sangat ditunggu-tunggu. Hal tersebut karena pada bulan Ramadhan dikatakan sebagai bulan penuh ampunan dan bulan untuk meningkatkan amalan dengan melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Dalam ceramahnya, Ustadz Abdul Somad atau kerap disala UAS mengatakan jika puasa di bulan Ramadhan memiliki banyak hikmah yang yang dapat dipetik.

Dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube NUR ILMI, berikut penjelasan Ustadz Abdul Somad yang dilansir dari SeputarTangsel.Com dimana UAS menyebutkan ada lima hikmah puasa di bulan Ramadhan.

Baca Juga:Ustadz Khalid Basamalah : Hati-Hati!! Azab Neraka Bagi Yang Tidak Puasa Wanita Hamil Wajibkah Menjalankan Puasa? Baca Penjelasannya Disini

UAS mengungkapkan hikmah pertama adalah puasa mendidik umat muslim yang menjalankannya untuk merasakan perasaan orang lain.

“Maka Islam mengajarkan, kamu belum beriman sampai engkau merasakan perasaan saudaramu kalau makanan itu enak terasa mengalir di tenggorokanmu, begitu jugalah mengalir di tenggorokan mereka,” ujar UAS

Kedua, UAS mengungkapkan puasa Ramadhan mendidik umat Islam untuk bisa disiplin tepat waktu.

Hikmah puasa yang ketiga, UAS menjabarkan apabila dengan berpuasa seseorang diajarkan untuk mengontrol emosi.

“Ada orang yang mengajaknya berkelahi, ‘aku sedang puasa’, pada saat itu kita diajarkan mengontrol emosi,” tegas UAS

Hikmah yang selanjutnya yakni yang keempat adalah untuk terbiasa melawan hawa nafsu. Ketika seseorang sudah bisa mengontrol hawa nafsunya, maka usai Ramadhan, orang tersebut dapat menahan diri dari segala yang diharamkan Allah SWT.

Lebih lanjut hikmah puasa di bulan suci Ramadhan yang kelima adalah merasakan pengawasan dan kebersamaan dengan Allah SWT.

Baca Juga:Doa Khatam Al-quranDo’a Kamilin Dibaca Setelah Shalat Tarawih Selesai

“Kelima adalah merasakan pengawasan Allah, kebersamaan dengan Allah. Anda tidak diawasi kamera CCTV, tidak diawasi oleh petugas, tapi yang mengawasi adalah Allah SWT,” pungkas UAS. (cr1)

0 Komentar