Remaja Sasaran Pelaku Curanmor, Enam Tersangka Dibekuk Polisi

Editor:

sumedang, KOTA – Jajaran Polres Sumedang berhasil menangkap enam orang pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dan tipu gelap.

 

Pencurian dengan pemberatan (Curat) sendiri sempat terjadi di beberapa titik wilayah hukum Polres Sumedang. Diantaranya di Sumedang Utara, Tanjungmedar dan Buahdua.

 

Demi melancarkan aksinya, para pelaku berpura pura meminjam motor korban. Tidak sampai disana, pelaku juga mengancam membunuh korbannya. Keenam pelaku sendiri merupakan warga Sumedang.

 

Kapolres sumedang AKBP Indra Setiawan menjelaskan ada beberapa perkara yang berhasil diungkap oleh pihak kepolisisan.

 

“Ada lima perkara yang berhasil kita ungkap, tiga perkara Curat, tipu gelap dan curas.” jelas Indra saat melakukan jumpa pers, Kamis (29/9).

 

Keenam yang ditangkap adalah Yadi (30), Yanto (27), Ujang Setiawan (42), Taufik (20, bertindak sebagai penadah), Faisal (23) dan Heri (30).

 

Pelaku curat sendiri menyasar kendaraan bermotor roda dua yang dipakai para petani untuk pergi ke kebun.

 

“Dengan menggunakan kunci T untuk merusak rumah kunci kendaraan tersebut,” jelas Indra.

 

Selain itu, pelaku curas beraksi berkelompok. Dua orang pelaku melancarkan aksinya dengan menghadang kendaraan yang sedang melaju yang mayoritas korbannya merupakan anak remaja atau pelajar sekolah.

 

Dijelaskan, untuk tipu gelap sendiri dilakukan oleh seseorang dengan modus operandi meminjam  kendaraan korban yang merupakan teman pelaku.

 

“Pelaku dan korban saling kenal, pelaku meminjam motor korban berpura pura menjemput istrinya. Namun, setelah sekian lama kendaraan yang dipinjamnya tak dikembalikan,” singkat Indra.

 

Kurang lebih sebanyak 12 kendaraan bermotor diamankan pihak Polres Sumedang sebagai barang bukti.

 

Polisi menjerat pelaku Curat dengab pasal 363 KUHP ancaman 7 tahun penjara, Curas dengan pasal 365 ancaman 9 tahun penjara, dan tipu gelap dengan pasal 378 ancaman 4 tahun penjara. (kga)

 

Baca juga: Siswa SMP dikeroyok Viral di Media Sosial, Diduga Korban dan Pelaku Berasal dari Sumedang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *