Waspada! Bencana Kepung Sumedang, Longsor dan Pergerakan Tanah Dominan

Waspada! Bencana Kepung Sumedang, Longsor dan Pergerakan Tanah Dominan
Petugas BPBD Sumedang beserta unsur TNI Pri melakukan evakuasi pohon tumbang di Cadas Pangeran, kemarin. Pohon tumbang tersebut cukup mengganggu mobilitas kendaraan sehingga diberlakukan sistem buka tutup (KEGGA KEGGYAN/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Memasuki musim hujan, wilayah Kabupaten Sumedang dikepung bencana alam.

Dalam kurun waktu sebulan terakhir, berbagai titik wilayah di Kabupaten Sumedang terkena bencana alam. Baik itu longsor, pergerakan tanah, luapan air dan banjir serta pohon tumbang.

Seperti yang terjadi di jalan nasional Cadas Pangeran. Dalam dua pekan terakhir, jalan Cirebon Bandung, tepatnya di Cadas Pangeran sudah tiga kali mengalami bencana alam. Di antaranya dua kali longsor dan satu kali pohon tumbang.

Baca Juga:Minta Bupati Rutin Cek Harga Kebutuhan PokokTarget Desember, Kontruksi Tol Cisumdawu Selesai

Terbaru, terjadi bencana pohon tumbang yang menutupi sebagian badan jalan Cadas Pangeran Sumedang. Peristiwa sendiri terjadi pada, Sabtu (12/11) sekitar pukul 10.15.

Pohon jenis Sobsi setinggi 20 meter dengan diameter sekitar 80 centimeter tumbang hingga hingga menutup sebagian badan jalan Cadas Pangeran.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Resort Pemangku Hutan Perhitano, Suryana kepada awak media, Sabtu (12/11).

“Pohon tersebut tumbang akibat tidak kuat menahan beban dari akar-akar besar dari tumbuhan yang ada di sekitarnya,” ungkap Suryana di lokasi kejadian.

Dikatakan, tim gabungan langsung mengevakuasi pohon tersebut karena menutup sebagian jalan.

“Di kejadian ini, alhamdulilah semua selamat tidak ada korban luka maupun jiwa,” tambah Suryana.

Diketahui, kejadian bencana pohon tumbang tersebut terjadi tidak jauh dari kejadian longsor dan pohon tumbang sebelumnya di Jalan Cadas Pangeran Sumedang.

Baca Juga:Dirut BRI Jadi CEO Terpopuler di Medsos, BRI Raih Tiga Penghargaan Jambore PR IndonesiaJalan Rusak Ditambal Kontraktor

Sebelumnya, akibat hujan deras melanda Kabupaten Sumedang selama dua jam lebih pada Kamis (10/11), mengakibatkan tebing di Cadas Pangeran setinggi 30 meter longsor. Sehingga, material longsor menimbun sebagian badan jalan.

Longsor tersebut terjadi sekitar pukul 15.00. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun material longsor berupa pohon dan tanah menimbun sebagian badan jalan.

Akibatnya  arus lalulintas dari arah Bandung menuju Cirebon tidak bisa dilintasi. Jajaran kepolisian pun memberlakukan buka tutup jalur. Bahkan, sebagian kendaraan dialihkan melalui jalan Cadas Pangeran atas.

Sebelum dua kejadian tersebut. Kejadian longsor lainnya terjadi di kawasan Cadas Pengeran menyebabkan batu berukuran besar menimpa dua buah mobil dan menyebabkan luka-luka.

0 Komentar