Daftar 25 Situs Yang Terendam Waduk Jati Gede

Daftar 25 situs yang terendam waduk jati gede
Daftar 25 situs yang terendam waduk jati gede/ Foto: https://www.instagram.com/sugandaamung02/
0 Komentar

14) Situs Tembong Agung

Situs Kerajaan Tembong Agung terletak di Kampung Muhara, Desa Leuwihideung, Kecamatan Darmaraja. Situs ini berada pada kawasan seluas dua hektar yang diduga bekas lahan Kerajaan Tembong Agung. Kawasan itu diapit oleh dua aliran sungai, yaitu Sungai Cihonje dan Sungai Cimanuk.

15) Situs Marongpong

Situs ini berada di daerah Desa Leuwihideung, Kecamatan Darmaraja. Di situs ini terdapat dua makam bercorak megalitik dengan orientasi utara-selatan. Makam berada di atas bukit berdekatan dengan pemukiman. Kedua makam itu dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai makam Embah Sutadiangga dan Embah Jayadiningrat. Di kalangan masyarakat setempat, Embah Sutadiangga dan Embah Jayadiningrat dipercaya sebagai tokoh di Kerajaan Tembong Agung dan penyebar agama Islam di daerah Darmaraja.

16) Situs puncak Damar

Situs ini terletak di Kampung Cisema, Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja. Situs berupa komplek makam, di antaranya tiga makam keramat yaitu makam-makam Buyut Maja, Embah Entol (Tatang Jalak), dan Suta Derepa. Makam-makam tersebut terletak di dataran tinggi di sebuah punggung bukit. Makam Embah Entol berbentuk persegi panjang dengan susunan batu alam berbentuk persegi, berorientasi utara-selatan. Makam berukuran 180 x 100 cm, dan tidak bernisan. Tokoh ini dipercaya sebagai pendiri Desa Pakualam.

17) Situs Astana Leutik

Baca Juga:Sekilas Sejarah Waduk Jatigede SumedangSejarah Alun – Alun Sumedang Hingga Sekarang

Situs Astana Leutik terletak di Kampung Pakualam, Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja. Tinggalan di situs ini berupa lima makam tokoh, yaitu Embah Demang Suradinata , Embah Demang Suradimanggala, Embah Demang Raksamanggala, Embah Demang Wargadinata, dan Embah Demang Aria Mangkunegara, berjajar ke arah timur. Dua makam yang masih terlihat bentuknya adalah makam Demang Suradinata dan makam Demang Raden Wargadinata.

18) Situs Gunung Penuh

Situs ini terletak pada sebuah bukit di sebelah barat aliran Sungai Cialing, Kampung Bantarawi, Desa Padajaya, Kecamatan Wado . Di duga dahulu kawasan itu berupa punden berundak. Menurut kuncen, dua makam yang terletak di teras teratas adalah makam Eyang Tresna Putih, yang dikenal dengan sebutan Eyang Haji Payung Jagat dan istrinya Nawang Sasih. Eyang Tresna Putih alias Eyang Haji Payung Jagat dan istrinya dipercaya oleh masyarakat setempat masih keturunan raja Pajajaran.

0 Komentar