Daftar 25 Situs Yang Terendam Waduk Jati Gede

Daftar 25 situs yang terendam waduk jati gede
Daftar 25 situs yang terendam waduk jati gede/ Foto: https://www.instagram.com/sugandaamung02/
0 Komentar

sumedangekspres – Daftar 25 situs yang terendam waduk jati gede. Data situs dan informasi dalam cerita rakyat yang menyangkut sejarah lokal Sumedang adalah data mengenai pemerintahan Kerajaan Tembong Agung, masuk dan berkembangnya agama Islam di daerah Darmaraja dan sekitarnya, data yang menyangkut Kerajaan Sumedang Larang, data menyangkut Kabupaten Sumedang masa pemerintahan Pangeran Kornel (Pangeran Kusumadinata), dan lain-lain.

Berikut Daftar 25 situs yang terendam waduk jati gede antara lain

1) Situs Cipeueut

Situs Cipeueut atau dikenal pula dengan sebutan Astana Cipeueut, terletak di Kampung Cipeueut, Desa Cipaku, Kecamatan Darmaraja. Bagian yang teramati terdiri atas bangunan berbentuk empat persegi panjang yang dibatasi oleh pagar batu setinggi 20 cm. Pada bagian tengah atas (sisi panjang) terdapat lingga (semu) dan di depan lingga diletakkan b atu d atar (temp at sesaji). Batu an penyusunnya terdiri dari batu kali.

2) Situs Astana Gede

Situs ini berada di Kampung Astana Gede, Desa Cipaku, Kecamatan Darmaraja. Situs ini berupa bangunan teras berundak terdiri atas tiga teras. Teras paling atas berukuran lebih kecil, terdapat makam Embah Jalul, dan dua teras berikutnya terdapat makam Dalem Prabu Lembu Agung, dan makam Embah Dalem Demang Cipaku. Lingga (semu), menhir atau batu tegak kubus dengan atap berbentuk trapesium diletakkan pada bagian utara permukaan puncak punden.

3) Situs Sawah Jambe

Baca Juga:Sekilas Sejarah Waduk Jatigede SumedangSejarah Alun – Alun Sumedang Hingga Sekarang

Situs Sawah Jambe terletak di kampung SawahJambe , Desa Leuwihideung, Kecamatan Darmaraja. Di Situs Sawah Jambe ditemukan bangunan teras berundak pada lahan seluas 15 x 25 meter, yang dibangun mengikuti kontur bukit. Pada teras teratas ditemukan empat menhir dalam posisi rebah, di bawah teras pada bagian sisi selatan terdapat teras yang dibatasi susunan batu.4) Situs TanjungsariSitus Tanjungsari berada di tepi sebelah barat Sungai Cimanuk, di Dusun Kebontiwu, Desa Cibogo, Kecamatan Darmaraja. Di situs ini terdapat bangunan berundak berupa tatanan batu yang membentuk teras-teras. Sekarang bangunan teras berundak itu merupakan komplek makam kuno. Areal situs yang berisi sejumlah makam, dikelilingi oleh parit. Sebagian besar makam dipercaya sebagai makam keturunan Raja Tembong Agung.

0 Komentar