Daftar 25 Situs Yang Terendam Waduk Jati Gede

Daftar 25 situs yang terendam waduk jati gede
Daftar 25 situs yang terendam waduk jati gede/ Foto: https://www.instagram.com/sugandaamung02/
0 Komentar

5) Situs Pasir Limus

Situs Pasir Limus terletak di Kampung Pasir Limus , Desa Leuwihideung, Kecamatan Darmaraja. Situs ini berupa bangunan teras berundak yang berada di atas puncak bukit dengan luas teras teratas 35 x 20 meter dan luas teras terbawah 50 x 35 meter. Sekarang ini bangunan teras berundak dijadikan makam keramat. Makam-makam yang dianggap sebagai makam tokoh yangberhubungan dengan leluhur masyarakat Sumedang di antaranya: Makam Embah Dalem Jamanggala, Makam Nyi Mas Ratna Komala Inten, Makam Eyang Dipa, Eyang Dipawangsa, dan Eyang Mananti, serta makam Eyang Jayaperkasa (Eyang Nanti) atau disebut juga Petilasan Tilem.

6) Situs Nangkod

Situs Nangkod terletak d i Kampung Nangkod, Desa Leuwihideung, Kecamatan Darmaraja. Situs berupa bangunan teras berundak. Struktur batu yang masih tampak jelas sekarang ini adalah struktur di sisi utara, sedangkan struktur sisi barat, selatan, dan timur sudah terputus-putus. Pada teras berundak itu terdapat komplek makam yang berjajar dari barat ke timur, menhir, dan sebaran batu alam. Makam hanya ditandai oleh dua batu alam berorientasi utara – selatan. Lahan inti kelompok makam ini dibatasi oleh susunan batu alam yang masih tampak di sisi utara, barat dan timur. Menurut informasi lisan, antara lain dari kuncen, makam di komplek itu antara lain makam Embah Janggot Jaya Perkosa dan kerabatnya. Kedua tokoh itu dipercaya memiliki kesaktian dan mereka adalah pendiri kampung.

7) Situs Munjul

Situs ini terletak di sebuah bukit kecil, di sebelah selatan dan barat jalan di Kampung Munjul, DesaSukamenak, Kecamatan Darmaraja. Situs Munjul adalah bangunan teras berundak dan merupakan komplek makam. Salah satu makam yang berada di puncak teras bangunan berundak adalah makam Singadepa. Di sebelah barat makam, terdapat makam-makam kuno lain dengan jirat terbuat dari semen dan nisan berupa menhir (batu alam). Di bagian selatan makam terdapat undakan-undakan batu alam.

8) Situs Ciwangi

Baca Juga:Sekilas Sejarah Waduk Jatigede SumedangSejarah Alun – Alun Sumedang Hingga Sekarang

Situs ini berada di sebelah barat Situs Tanjungsari, tepatnya di lingkungan pemukiman penduduk Kampung Ciwangi, Desa Cibogo, Kecamatan Darmaraja. Situs Ciwangi berupa komplek makam kuna yang dianggap keramat. Menurut cerita rakyat setempat, makam utama di situs itu adalah makam Mbah Buyut Mandor Sora, pendiri Dusun Ciwangi. Komplek makam berbentuk bujursangkar dengan teras batu alam. Di sana terdapat empat nisan berupa menhir, terbagi atas masing-masing dua nisan di sisi barat dan sisi timur, berorientasi utara – selatan.

0 Komentar