Mengenal “Kampung Batik” Sebagai Wisata Budaya Kabupaten Sumedang

Kampung Batik, wisata budaya Sumedang.
Kampung Batik, wisata budaya Sumedang. Sumber : Direktori Sumedang Tandang
0 Komentar

sumedangekspres – Kampung Batik merupakan sebuah nama untuk wilayah di Desa Nyalindung, yang menjadikannya destinasi wisata budaya. Kampung Batik ini berlokasi di Dusun Cikandung RT 01/ RW 03 yang posisinya tidak terlalu jauh dari wisata Mata Air Cikandung.

Kampung Batik menjadi salah satu program pemerintah Desa Nyalindung dalam rangka untuk menjadikan desa ini sebagai desa wisata berbasis masyarakat. Program Kampung Batik ini selain untuk mengembangkan potensi desa, juga bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Desa Nyalindung.

Kampung Batik yang dikembangkan oleh pemerintah Desa Nyalindung akan terintegrasi dengan wahana, atau lokasi wisata lainnya. Wisata tersebut di antaranya Mata Air Cikandung dan Kampung Sawah.

Baca Juga:Kenali Peluang Ekonomi Dari Budidaya SampahCara Top Up Stumble Guys Via Codashop

Kampung Batik ini telah diluncurkan secara resmi oleh Camat Cimalaka, Asep Aan Dahlan, S.Sos., M.Si., pada tanggal 5 Maret 2020 di Dusun Nyalindung. Pencanangan Kampung Batik sendiri sudah ada sejak tahun sebelumnya.

Setidaknya pada tahun 2019, pemerintah Desa Nyalindung sudah mengadakan kegiatan Pembinaan Peningkatan Kapasitas TP PKK di Gedung Serbaguna Desa Nyalindung. Kegiatan ini menghadirkan narasumber pakar melukis batik di kain putih dari Bandung, Dra. Eryanti, M.Pd. yang membahas tentang dasar-dasar pengetahuan membatik.

Kegiatan ini memperoleh sambutan positif dari peserta ibu-ibu PKK Desa Nyalindung. Peluncuran Kampung Batik sendiri dibarengi dengan kegiatan menyulap Dusun Cikandung menjadi lebih meriah.

Warga Dusun Cikandung masing-masing menyulap tembok dinding rumahnya dengan menggambarinya. Warga sengaja melukis dinding dengan berbagai gambar yang unik, sehingga terlihat lebih menarik. Gambar yang mereka buat berupa pemandangan, tanaman, batik, hingga kotak-kotak.

Kampung Batik ini menjadi salah satu objek budaya yang mendukung program Desa Wisata Nyalindung. Kehadiran Kampung Batik dapat melengkapi wahana wisata yang sudah ada terlebih dahulu, yakni Mata Air Cikandung.

Selain Kampung Batik, pemerintah Desa Nyalindung juga sedang menyiapkan wahana wisata lainnya seperti Kampung Sawah, Kampung Rajut, dan kampung-kampung lainnya. Salah satu sarana pendukung yang sudah dimiliki oleh pemerintah Desa Nyalindung adalah mobil wisata yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk berkeliling ke lokasi wisata yang ada di Desa Nyalindung.

0 Komentar