Jurusan PKN STAN yang Paling Diminati 2023

Jurusan PKN STAN yang Paling Diminati 2023
Jurusan PKN STAN yang Paling Diminati 2023 (Istimewa/SekolahKedinasan)
0 Komentar

Kalau mendengar kata bendahara tentu elo nggak asing dengan hal-hal yang berbau uang. Nah, kalau Kebendaharaan Negara ini sendiri akan berfokus untuk mengurus keuangan negara. Jadi, ruang lingkupnya lebih luas nggak cuman sekadar kelas aja, lho!

Dalam ruang lingkup yang cakupannya lebih luas seperti negara, tentu dibutuhkan orang-orang yang memahami seluk beluk keuangan negara, mulai dari perencanaan, pelaksanaan serta pelaporan dari penggunaan uang negara itu.

Nah, kalau kamu tertarik untuk masuk ke dalamnya, segera persiapkan diri kamu untuk ikut SPMB STAN tahun depan dan ambil jurusan yang satu ini!

Baca Juga:Mengenal Sejarah PKN STAN Sekolah Kedinasan TerbaikDaftar Sekolah Kedinasan Lulus Langsung Kerja

Ada banyak sekali mata kuliah yang akan kamu pelajari dari Kebendaharaan Negara, mulai dari hukum keuangan negara, manajemen keuangan, pengelolaan keuangan daerah, hingga pelaksanaan belanja negara.

5. Penilai / Pajak Bumi Bangunan

Jurusan PKN STAN yang satu ini hanya ada satu-satunya di Indonesia, di universitas lain belum ada. Jadi, bisa dibilang jurusan Penilai/Pajak Bumi Bangunan (PBB) sifatnya spesialisasi.

Di jurusan ini, secara garis besar kamu akan mempelajari banyak mata kuliah, mulai dari ilmu ukur tanah dan pemetaan, manajemen properti, pemeliharaan bangunan, penilaian sumber daya, hingga perencanaan kota.

Lulusan dari jurusan Penilai/PBB nanti bisa ditempatkan di Ditjen Pajak, Ditjen Kekayaan atau BPKP.

6. Manajemen Aset

Sama seperti halnya Akuntansi dan Kepabeanan dan Cukai, Manajemen Aset juga menjadi salah satu jurusan yang paling diminati di STAN, lho, Sobat Zenius! Jurusan PKN STAN yang satu ini hanya tersedia untuk program Diploma III saja, ya.

Bisa dibilang, jurusan Manajemen Aset ini merupakan jurusan “hukumnya STAN”. Pasalnya, kamu akan berkutak-katik dengan mata kuliah hukum yang nggak bakalan jauh-jauh dari topik masalah piutang lelang negara (bisa jadi juru sita atau juru lelang) serta penilaian aset dan properti.

Untuk mata kuliahnya, kamu akan belajar banyak hal, mulai dari pengurusan piutang negara, pengetahuan lelang, manajemen risiko pelelangan, hingga hukum pertahanan dan hukum perdata.

Baca Juga:Aktor Lee Byung Hun Jadi Pembicara di Stanford UniversityMengenal Sejarah Stanford University Kampus Terbaik Dunia

Nah, itulah jurusan PKN STAN yang paling diminati. Semoga bermanfaat ya!

0 Komentar