5 Busana Adat Jawa Tengah Yang Memiliki Keunikan Tersendiri

5 Busana Adat Jawa Tengah Yang Memiliki Keunikan Tersendiri
5 Busana Adat Jawa Tengah Yang Memiliki Keunikan Tersendiri(pinterest.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Memiliki Keunikan Tersendiri, Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan kekayaan daerahnya, salah satunya pakaian adat. Dari sekian banyak pakaian adat yang ada di tanah air, pakaian adat Jawa Tengah dikenal baik secara nasional maupun internasional.

Provinsi Jawa Tengah terkenal dengan kayanya nilai-nilai budaya, salah satunya tentu saja pakaian adat. Pastinya sebagai pakaian adat, tidak hanya berfungsi sebagai penutup tubuh, tetapi juga sebagai identitas budaya masyarakat Jawa Tengah.

Pakaian adat ini masih banyak digunakan dalam upacara adat, acara resmi maupun acara sehari-hari. Uniknya, pakaian adat Jawa Tengah tidak hanya memiliki satu jenis, melainkan beberapa variasi. Setiap jenis pakaian adat Jawa Tengah memiliki perbedaan dari makna, filosofi serta ciri khas antara wilayah satu dengan yang lain. Selain itu, nama-nama pakaian adat pria dan wanita Jawa Tengah terkadang memiliki nama tersendiri juga.

Seperti beberapa contoh pakaian adat dibawah ini memeiliki keunikannya tersendiri.

Baca Juga:Dulu Daerah Rawan Kejahatan kini Jadi Tempat Paling Romantis di Bandung, Bisa Dikunjungi Lewat Tol CisumdawuBermesraan Dengan Ayang di Bukit Gronggong, Hidden Gem Cirebon Lewat Tol Cisumdawu

1. Kebaya

Salah satu pakaian adat yang paling populer di Jawa Tengah adalah kebaya. Biasanya kebaya memiliki blus sederhana dengan lengan panjang. Dulu, kebaya hanya diperuntukkan bagi keluarga bangsawan dan penting atau untuk acara-acara khusus yang mewah dan elegan. Namun seiring berjalannya waktu, kebaya juga sering digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Sering digunakan dalam upacara adat atau acara resmi, bahan kebaya dari kebaya khas Jawa Tengah adalah kain beludru atau sutra dengan warna gelap seperti hitam. Meski masih ada kebaya tradisional dengan warna selain hitam, yaitu biru tua atau merah marun. Orang kebaya biasanya memakai kain yarik panjang dengan motif tie-dye. Untuk menambah keanggunan, wanita dengan kebaya biasanya disanggul.

2. Beskap

Beskap adalah nama pakaian adat Jawa Tengah yang umumnya dikenakan oleh kaum pria. Padahal, beskap merupakan bagian dari kostum Jawi Jangkep, namun kini sering dipakai secara terpisah. Merek dagang Beskap adalah korset yang ramping dan sederhana dengan kerah lurus dan tanpa lipatan.

0 Komentar