Presiden Jokowi Kunjungi RM Tahu Bungkeng Sumedang Usai Resmikan Tol Cisumdawu, RM Tahu Bungkeng : Presiden Pernah Kesini!

Presiden Jokowi Kunjungi RM Tahu Bungkeng Sumedang Usai Resmikan Tol Cisumdawu, RM Tahu Bungkeng : Presiden Pernah Kesini!
Presiden Jokowi Kunjungi RM Tahu Bungkeng Sumedang Usai Resmikan Tol Cisumdawu, RM Tahu Bungkeng : Presiden Pernah Kesini!
0 Komentar

sumedangekspres – Presiden Jokowi kunjungi RM Tahu Bungkeng Sumedang usai resmikan Tol Cisumdawu, RM Tahu Bungkeng : Presiden Pernah Kesini!

Usai meresmikan Tol Cisumdawu, Peninjauan ke Pasar Ujung Jaya dan penyerahan BLT (Bantuan Langsung Tunai) ke Masyarakat di kantor Desa Ujung Jaya kabarnya Presiden Jokowi akan mengunjungi RM Tahu Bungkeng Sumedang.

RM Tahu Bungkeng Sumedang memang disebut-sebut sebagai legendanya Tahu Sumedang, maka bukanlah sesuatu hal yang mengherankan jika tempat tersebut dipilih untuk dikunjungi Presiden Jokowi.

Baca Juga:Presiden Jokowi Bagikan BLT di Desa Ujungjaya Usai Resmikan Tol Cisumdawu Hari IniJadwal Presiden Jokowi Sebelum dan Sesudah Resmikan Tol Cisumdawu Hari Ini

Tahu Bungkeng meru0pakan perintis atau cikal bakal adanya Tahu Sumedang. Tahu Bungkeng sudah eksis bahkan sejak tahun 1917, atau ketika zaman Belanda.

Walaupun sudah melewatu beberapa zaman dan generasi, rasa dari Tahu Bungkeng tidak pernah berubah dan tetap selezat pada awal pembuatannya beratus tahun yang lalu.

Sejarah dan asal mula adanya Tahu Sumedang berawal dari dari kreativitas seorang imigran dari cina bernama “ong kino” bersama dengan istrinya.

Uniknya awal pembuatan Tahu Sumedang tersebut dilakukan oleh Ong kino untuk membahagiakan istrinya yang rindu makanan khas cina.

Ong kino telah menggeluti produksi tahu ini hingga tahun 1917, dan di lanjutkan kepada anaknya bernama ong bung keng.

Menurut cerita turun – temurun, Pada suatu hari bupati Sumedang, Pangeran Soeria Atmadja kebetulan melintas dengan menggunakan dokar dalam perjalanannya menuju situraja. Kemudian melihat seorang menggoreng sesuatu.

Bupati itupun penasaran dan mengicipinya, ternyata sangat enak. Lalu bupati itu pun mengusulkan kepada bung keng untuk menjualnya.

Baca Juga:Peresmian Tol Cisumdawu Hari Ini, Serentak Dengan Peninjauan Gor Stadion Jalak Harupat dan Pembagian BLT di Pasar Wilayah Bandung dan SumedangPresiden Jokowi Akan Meresmikan Tol Cisumdawu Pada Hari Selasa 11 Juli 2023

Tidak lama setelah kejadian itu bung keng menjualnya, ternyata tahu ini sangat di gemari oleh masyarakat Sumedang dan tetap populer sampai sekarang.

Produksi Tahu Bungkeng ini terus berkembang hingga sekarang. Tempat penjualannya berada di pusat kota Sumedang, namun tidak membuka cabang di tempat lain.***

0 Komentar