Ingin Bersepedah ke Cekdam Cimarias Sumedang? Yuk Bisa Banget Sepedahan Bareng Bestie ke Danau Tersembunyi Sumedang yang Asri Banget

Cekdam Cimarias Sumedang
Cekdam Cimarias Sumedang(google maps/ ris yandi)
0 Komentar

sumedangekspres– Cekdam Cimarias Sumedang, kamu suka berseepedah?  cobalah menjajal trek Cimarias, Kecamatan Pamulihan, Sumedang, tentu menjadi sebuah kewajiban.

Tanjakan berbeton sepanjang sekitar 500 meter dengan kemiringan nyaris 70 derajat itu menjadi santapan pertama pesepeda yang melintas ke jalur itu dengan tujuan danau cekdam Kebun Jeruk Soeharto.

Pesepeda yang berada di jalan raya Parakanmuncang-Simpang, bisa masuk ke Jalan Desa Cilembu, daerah penghasil penganan ubi yang tersohor itu.

Baca Juga:Wisata Danau Biru Sumedang yang Aestetik BangetDari Wisata Alam Sampai Wisata Sejarah Sumedang, Inilah Harga Tiket Masuknya! Benarkah Ada yang Gratis?

Dari Cilembu, setelah melewati balai desa, ambil jalur ke kiri menuju ke kampung kecil sebelum Desa Cimarias. Jalannya beraspal bagus dibalut udara pegunungan Kareumbi yang sejuk.

Di perkampungan itu, jalan agak menyempit. Hanya cukup untuk satu mobil melintas. Jalanan ini sepi, namun rumah-rumah telah lumayan padat berjejer di sepanjang jalan tersebut.

Selesai kampung, pesepeda akan menemui kembali jalan cukup lebar. Di jalan ini, ada tugu selamat datang di Cimarias. Bolehlah mengambil nafas sehela. Tanjakan yang melambai-lambai memanggil di depan kadang kala membuat tak sabar.

Mengoper rantai ke sproket belakang di ukuran paling besar dan gir depan di paling kecil agar rantai presisi sangat diperlukan. Jika nafas dan sepeda sudah seirama, tanjakan siap dilahap.

Tanjakan Cimarias selalu membuat pesepeda terkesan. Bukan hanya soal ketinggian dan panjangnya, namun kebiasaan warga di daerah itu yang pasti terlihat santai, berjalan kaki melintas tanjakan tersebut.

Selepas tanjakan Cimarias, teruslah mengayuh hingga sampai ke pertigaan antara Danau Cekdam dan jalur menuju ke Heubeul Isuk, sebuah daerah di bawah jurang berkabut Cadas Pangeran.

Ambillah jalan menuju ke Danau Cekdam. Sedikit menanjak dengan jalur berbatu. Namun, meski jalannya ekstrim, jalan ini tetap bisa dilalui dan sering dilalui oleh para petani.

Baca Juga:Keindahan Sumedang yang Mempesona, Yuk Bareng Ayang untuk Jelajah Sumedang!Kuliner Melegenda Sudah Pasti Tahu Sumedang, Apa Sih Wisata Sumedang Yang Melegenda?

Danau Cekdam berada di lereng pegununungan Kareumbi. Danau ini adalah danau buatan yang sengaja digali untuk resapan pengairan kebun jeruk milik keluarga mantan Presiden RI, Soeharto.

Setidaknya, kisah itulah yang berkembang dan terpatri di hati masyarakat Sumedang, meski kebun jeruk itu kini sudah diganti tanamannya dengan pohon-pohon lengkeng.

0 Komentar