Wisata Sejarah Gratis di 10 Bangunan Bersejarah di Bandung yang Punya Historis Menarik

Wisata Sejarah Gratis di 10 Bangunan Bersejarah di Bandung yang Punya Historis Menarik
Wisata Sejarah Gratis di 10 Bangunan Bersejarah di Bandung yang Punya Historis Menarik (ist/bandung.go.id)
0 Komentar

Gedung Indonesia Menggugat termasuk ke dalam salah satu bangunan bersejarah di Bandung, khususnya dalam bidang peradilan di zaman penjajahan.

Bangunan ini awalnya merupakan rumah milik warga Belanda, kemudian pada tahun 1917 dialihkan menjadi Pengadilan Pemerintah Belanda.

Beberapa tokoh penting pernah diadili di Gedung Indonesia Menggugat akibat pemberontakan, di antaranya ialah Soekarno, Maskoen, dan Sartono.

Baca Juga:Kawah Putih Ciwidey : Bau Belerang Tak Mengganggu Keindahan Kawan yang Bisa Berubah Warna Ini17 Wisata Alam Tersembunyi di Bandung yang Penuh Pesona Memukau

Di dalam peristiwa peradilan tokoh pahlawan tersebut terjadi perlawanan. Oleh karena itu, untuk mengenang peristiwa tersebut Pengadilan Pemerintah Belanda diubah namanya menjadi Gedung Indonesia Menggugat.

Peristiwa tersebut sekaligus menjadi salah satu jejak sejarah Indonesia yang terjadi di wilayah Bandung, Jawa Barat.

Gedung Indonesia Menggugat pun pernah beberapa kali dialihfungsikan menjadi Kantor PMI (1947 – 1949), Kantor KPP Pusat (1949 – 1953), Kantor Perjalanan dan Kas Otonom Bagian Keuangan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (1953 – 1970), dan Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat (1970 – 2002).

Namun, kini bangunan bersejarah tersebut ditetapkan sebagai destinasi wisata sejarah, yakni Gedung Indonesia Menggugat.

Alamat: JL Perintis Kemerdekaan, No. 5, Babakan Ciamis, Sumurbandung, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117
Jam Buka: Senin – Jumat (08.00 – 17.00)
Tiket Masuk: Gratis

3. Museum Kantor Pos

Wisata Sejarah di Bandung selanjutnya ada Museum Kantor Pos.

Hanya berjalan sebentar dari Gedung Sate, Anda akan menemukan Museum Kantor Pos, sebuah bangunan bersejarah yang berdiri sejak zaman Hindia Belanda pada tahun 1933. Museum ini menggambarkan sejarah surat-menyurat, pengiriman pesan, dan perkembangan pos di Indonesia.

Sebagai pengunjung, Anda dapat melihat berbagai jenis perangko dari seluruh dunia, termasuk perangko pertama di dunia.

Baca Juga:Kelebihan dan Kekurangan Truecaller Melacak Lokasi Nomor Hp Tanpa DiketahuiMelacak Lokasi Nomor Hp Dengan Fitur Truecaller Location Indonesia : Tanpa Diketahui dan Tanpa Aplikasi

Selain itu, museum ini memiliki koleksi yang berkaitan dengan pos, seperti timbangan surat, lukisan, dan informasi tentang tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam sejarah pos Indonesia.

Museum Kantor Pos di Bandung juga menampilkan surat-surat emas yang dikirimkan kepada Jenderal Belanda di masa kejayaan kerajaan Nusantara. Surat-surat ini mencerminkan bagaimana kerajaan berkomunikasi dengan penjajah, terutama Belanda.

Alamat: Jl. Cilaki No.73, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Jam Buka: Senin – Jumat (09.00 – 15.00)
Tiket Masuk: Gratis

0 Komentar