Wisata Sejarah Gratis di 10 Bangunan Bersejarah di Bandung yang Punya Historis Menarik

Wisata Sejarah Gratis di 10 Bangunan Bersejarah di Bandung yang Punya Historis Menarik
Wisata Sejarah Gratis di 10 Bangunan Bersejarah di Bandung yang Punya Historis Menarik (ist/bandung.go.id)
0 Komentar

 

4. Gedung Merdeka

Berbicara Wisata Sejarah di Bandung, jelas nama gedung ini akan ikut disebutkan.

Banyak sekali peristiwa penting yang terjadi di Bandung pada saat Indonesia masih berusaha merdeka. Salah satu saksi bisu perjuangan tersebut ialah Gedung Merdeka. Gedung ini menjadi tempat pelaksanaan peristiwa bersejarah di tahun 1955, yakni Konferensi Asia-Afrika.

Arsitek dari Gedung Merdeka ialah Van Galen Last dan C.P. Wolff Schoemaker, dua orang guru besar Sekolah Teknik Tinggi (sekarang ITB) pada masa penjajahan Jepang. Gedung Merdeka sendiri memiliki luas 7500 m2. Gedung ini memiliki nuansa art deco dengan sentuhan megah lewat marmer buatan Italia, tak ketinggalan pencahayaan mewah melalui lampu-lampu kristal yang menggantung.

Baca Juga:Kawah Putih Ciwidey : Bau Belerang Tak Mengganggu Keindahan Kawan yang Bisa Berubah Warna Ini17 Wisata Alam Tersembunyi di Bandung yang Penuh Pesona Memukau

Alamat: Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111
Jam Buka: Senin – Jumat (08.00 – 16.00)
Tiket Masuk: Gratis

5. Museum Konferensi Asia Afrika

Wisata Sejarah di Bandung berikutnya ada Museum Konferensi Asia Afrika.

Nah, sebelumnya sudah membahas mengenai Gedung Merdeka, di dalam gedung tersebut terdapat salah satu museum yang boleh kamu jadikan destinasi wisata sejarah. Konferensi Asia Afrika merupakan momen penting dalam dunia politik di Indonesia sekaligus menampakkan diri di depan negara Asia-Afrika lainnya.

Di Museum Konferensi Asia Afrika, kamu dapat melihat kilas balik momen bersejarah Indonesia dalam mengadakan konferensi Internasional. Konferensi Asia Afrika ini telah melahirkan Dasasila Bandung sebagai pedoman negara-negara jajahan memperjuangkan kemerdekaannya.

Museum ini memiliki fasilitas berupa ruang pameran permanen yang menampilkan dokumentasi KAA tahun 1955, ruang audio visual, riset dan aktivitas, serta ruang perpustakaan.

Alamat: Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111
Jam Buka: Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu (09.00 – 16.00)
Tiket Masuk: Gratis

6. Monumen Bandung Lautan Api

Yap benar, Wisata Sejarah di Bandung yang satu ini akan sangat kental sekali dengan salah satu peristiwa paling melekat di kepala orang Indonesia.

“… sekarang sudah menjadi lautan api, mari bung rebut kembali…” lagu tersebut kerap dinyanyikan saat sekolah. Sebagian besar dari kamu pun pasti familiar dengan lagu Halo-Halo Bandung tersebut. Ternyata, lagu tersebut memiliki bangunan bersejarahnya di Bandung, loh, yakni Monumen Bandung Lautan Api.

0 Komentar