Wisata Sejarah Gratis di 10 Bangunan Bersejarah di Bandung yang Punya Historis Menarik

Wisata Sejarah Gratis di 10 Bangunan Bersejarah di Bandung yang Punya Historis Menarik
Wisata Sejarah Gratis di 10 Bangunan Bersejarah di Bandung yang Punya Historis Menarik (ist/bandung.go.id)
0 Komentar

Tiket Masuk: Gratis

8. Observatorium Bosscha

Wisata Sejarah di Bandung berikutnya adalah Observatorium Bosscha.

Mempelajari alam semesta dan langit sangat menarik dan menambah wawasan. Di Bandung, kamu dapat menemukan observatorium astronomi pertama di Indonesia. Bangunan bersejarah ini diresmikan pertama kali pada 1923 atas insiasi dari K.A.R Bosscha dan Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging.

Berkat inisiasi tersebut, Observatorium Bosscha menjadi salah satu observatorium astronomi modern pertama di Asia Tenggara. Observatorium hadir untuk meneliti bagaimana pergerakan benda-benda langit dan pengaruhnya terhadap bumi.

Saat ini Observatorium Bosscha berada di bawah naungan FMIA Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca Juga:Kawah Putih Ciwidey : Bau Belerang Tak Mengganggu Keindahan Kawan yang Bisa Berubah Warna Ini17 Wisata Alam Tersembunyi di Bandung yang Penuh Pesona Memukau

Di dalam Observatorium Bosscha, terdapat 9 jenis teleskop berbeda dengan fungsi beragam untuk melihat benda langit sesuai jenisnya. Nah, kalau kamu menyadari, Observatorium Bosscha ini pernah menjadi latar dalam film anak-anak Petualangan Sherina di tahun 2000, loh!

Kamu dapat berkunjung ke Observatorium Bosscha baik secara individu maupun berkelompok. Para pengunjung berkesempatan untuk mengunjungi Teleskop Besar Zeiss dan melihat bagaimana kerja dari teleskop tersebut dalam menangkap benda langit dengan jarak dekat.

Untuk berkunjung ke Observatorium Bosscha, lebih dianjurkan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. Ini karena kapasitas dari Observatorium Bosscha terbatas. Kunjungan pun terbagi atas dua sesi, yakni siang dan malam.

Sementara itu, tiket masuk ke Observatorium Bosscha cukup terjangkau, pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp15.000 – Rp20.000 sekali masuk.

Alamat: Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Selasa – Jumat (09.00 – 14.30) dan (17.00 – 20.00), Sabtu (09.30 – 14.00) dan (17.00 – 20.00)
Tiket Masuk: Rp15.000 – Rp20.000

9. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Wisata Sejarah di Bandung berumula pada; tahun 1910-1915, bangunan bersejarah ini merupakan tempat tinggal para Perwira Belanda. Kemudian, seiring berjalannya waktu gedung ini dialihfungsikan menjadi museum, tepatnya di tahun 1966.

Museum Mandala Wangsit Siliwangi menyimpan koleksi senjata serta peralatan perang pada saat Jepang menjajah Indonesia. Tak hanya itu, dahulunya tempat ini menjadi markas persembunyian Pasukan Siliwangi dari pasukan Jepang.

0 Komentar