Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam kegiatan akademik dan non-akademik di UPI Kampus Sumedang

Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam kegiatan akademik dan non-akademik di UPI Kampus Sumedang
Kegiatan penelitian Direktur UPI Kampus Sumedang
0 Komentar

sumedangekspres – Kegiatan Penelitian dilaksanakan pada hari Jum’at (13/10), bertempat di Kampus Industri Pariswisata Cimalaka dan dihadiri Para Ketua Program Pendidikan ( Kaprodi ), para Dosen berikut Jajaran Staf Kelambagaan UPI Kampus Sumedang serta perwakilan dari mahasiswa UPI Kampus Sumedang.

Saat ini, teknologi maju dengan kecepatan yang memudahkan usaha manusia. Salah satunya di bidang pendidikan dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI), kini banyak dikembangkan sebagai produk teknologi.

Istilah “kecerdasan buatan” (AI) mengacu pada sistem komputer yang telah dirancang untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia.

Baca Juga:Bawaslu Sumedang Genjot Kapasitas dan Kapabilitas SDMRatusan Warga Trunamanggala Dapat Bantuan Beras

Tertanam dalam mesin untuk digunakan sebagai asisten AI. Sumber daya ini mempunyai potensi untuk meningkatkan sistem pendidikan karena portabilitas, kecepatan dan keakuratannya
dalam mencari informasi yang disajikan dalam berbagai format pengetahuan.

AI dapat melakukan lebih dari sekedar mencari informasi, ia juga dapat menganalisisnya, teknologi AI dapat memberikan manfaat besar bagi bidang pendidikan karena dapat digunakan dalam berbagai konteks dan oleh banyak orang.

Dengan personalisasi pembelajaran ini, AI menawarkan potensi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem pendidikan, serta meningkatkan motivasi dan keterlibatan
mahasiswa dalam proses belajar.

AI memungkinkan dosen untuk menggunakan sistem otomatis untuk menganalisis kinerja mahasiswa secara real-time dan memberikan umpan balik yang segera.

Ini membantu mahasiswa untuk memperbaiki kelemahan mereka dengan cepat, meningkatkan kualitas pembelajaran dan memfasilitasi bimbingan yang lebih efektif dari dosen.

Implementasi AI memungkinkan analisis mendalam terhadap data mahasiswa, termasuk pola belajar, kekuatan, kelemahan dan minat.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang profil mahasiswa, dosen dapat merancang kurikulum yang lebih disesuaikan, memberikan materi yang relevan dan menyesuaikan tingkat kesulitan tugas.

Baca Juga:Pemilu, Adang: Jangan Tergiur Politik UangGaludra Gelar Milangkala Ke 40

Penggunaan AI dalam merancang kegiatan pembelajaran memungkinkan dosen untuk memberikan materi yang paling relevan bagi masing-masing mahasiswa.

0 Komentar