Pemprov Jabar Akan Terus Usulkan Nama Pahlawan

Pemprov Jabar Akan Terus Usulkan Nama Pahlawan
Pemprov Jabar Akan Terus Usulkan Nama Pahlawan
0 Komentar

sumedangekspres- Pemprov Jabar Akan Terus Usulkan Nama Pahlawan– Setiap tahun Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengusulkan nama pahlawan dari Jawa Barat. Untuk tahun 2023 ini sendiri ada lima nama, satu yang diterima yaitu KH Abdul Halim dari Kabupaten Majalengka.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Faiz Rahman, S.STP, M.A.P di sela-sela kegiatan Peringatan Hari Pahlawan di Sumedang, Jumat (10/11).

Ditegaskan, pemprov Jabar terus berkomitmen menampung, mendengar, dan memproses semua aspirasi dari Kabupaten/Kota. Dari tahun ke tahun selalu ada usulan.

Baca Juga:Puncak Hari Pahlawan di Sumedang Meriah, 10 Ribu Warga Antusias Ikuti Heroic Fun WalkSamsat Bebaskan Denda Pajak Lima Tahun

“Nah tahun ini kita mengusulkan lima, satu yang diterima yaitu KH Abdul Halim. Nama yang lima ini juga kan sebarannya dari Kabupaten kota. Tapi, penetapannya jadi ranah pemerintah pusat,” kata Faiz kepada awak media.

Diakui, Pemprov Jabar tidak akan menyerah. Karena di tahun ini ada lima yang diusulkan dan satu yang diterima. Sisanya ada yang akan diusulkan kembali.

Menurutnya, berdasarkan informasi dari Kementerian Sosial, penetapan ini karena keterbatasan.

“Karena kan harus ada proses verifikasi dan seterusnya, dan dapat informasi di tahun depan yang belum akan tetap berproses,” katanya.

Dikatakan, kalau misalkan tidak diproses, karena kekurangan dokumen atau kelengkapan administrasi, pihaknya akan mengusulkan kembali.

Ditegaskan, tim TP2GD dari Provinsi Jawa Barat, terutama dari Biro Kesra ini sebagai Sekretaris pengarah, akan terus menggali potensi atau calon-calon pahlawan yang akan diusulkan yang memang selama ini sudah hadir serta berasal dari Jawa Barat, hanya mungkin belum terekspose.

“Nah ini harus ada FGD nya, harus ada penelitiannya dengan sejarahwannya,” katanga.

Diakui, dari Provinsi Jawa Barat ini sangat banyak yang memenuhi kriteria sebagai Pahlawan, hari ini KH Abdul Halim, sebelumnya ada Prof Kusumaatmadja, Inggid Garnasih dan seterusnya.

Baca Juga:Hari Pahlawan Momentum Majukan DaerahAjak Ribuan Peserta Heroic Fun Walk Bergoyang

“Ini merupakan hasil proses-proses penggalian bersama sejarahwan dan peneliti. Kemudian, kita usulkan,” tandasnya.

Faiz menuturkan, untuk menentukan seorang pahlawan itu prosesnya sangat panjang. Karena, harus dikaji, harus diuji secara ilmiah dan disertai bukti-bukti sejarahnya.

0 Komentar