Cara mengatasi tembok lembab kala musim hujan tiba

0 Komentar

sumedangekspres-Cara mengatasi tembok lembab kala musim hujan tiba,

Kelembapan adalah masalah umum di banyak rumah. Namun di sisi lain, ada banyak bahaya dari dinding yang lembap.

Kelembapan membuat rumah terasa dingin dan tidak sehat. Pasalnya, kelembapan juga memicu berkembang biaknya jamur yang bisa berbahaya buat kesehatan.

Mengutip berbagai sumber, air secara perlahan mengikis struktur bangunan, membuat kayu membusuk, dan menciptakan lingkungan yang sempurna bagi berkembang biaknya jamur. Berikut di antaranya.

Baca Juga:Gas LPG resmi turun harga: Ini kata pertamina!Kucing paling mematikan di dunia: Gemas diluar ternyata berbahaya!

1. Identifikasi penyebab tembok lembap
Pada dasarnya, ada tiga jenis penyebab tembok lembap yang umum ditemui di rumah. Kondensasi adalah penyebab yang paling umum.

Selain kondensasi, peningkatan kelembapan juga bisa terjadi pada rumah berusia tua. Dalam kasus ini, kelembapan naik dari tanah dan masuk ke dalam fondasi lantai dasar.

Peningkatan kelembapan bisa terlihat dari munculnya noda kecokelatan. Anda juga bisa mendapatkan jamur-jamur tumbuh di sudut dinding.

Penyebab selanjutnya adalah kelembapan yang tembus ke dalam. Kondisi ini biasa disebabkan oleh hal-hal seperti kebocoran, genteng yang pecah, atau dinding luar yang rusak.

2. Sering bukan jendela
Ilustrasi. Sering buka jendela, salah satu cara mengatasi tembok lembab dan mengelupas. (iStockphoto/Jun)
Jika kondensasi menjadi penyebab kelembapan, maka Anda hanya perlu lebih sering membuka jendela. Utamanya, buka jendela saat ada sinar matahari.

Hal ini membuat sirkulasi udara dan panas yang masuk dapat mengurangi intensitas kelembapan. Biarkan rumah bernapas.

3. Pasang dehumidifier
Selain membuka jendela, Anda juga bisa memasang dehumidifier untuk mengusir kelembapan di dalam ruang.

Baca Juga:Merk pakan kucing terbaik: Kucing-kucing langsung gembulBenarkah Produk Huawei akan meninggalkan android: Inilah penjelasannya!

Cara ini juga berlaku jika penyebab tembok yang lembap adalah kondensasi. Dengan cara ini, perlahan dinding akan kembali normal.

4. Gunakan cairan anti-jamur
Anda bisa menggunakan cairan fungisida untuk tembok lembap dan berjamur. Pasalnya, pertumbuhan jamur bisa jadi salah satu penyebab lembapnya dinding.

Anda bisa menyemprot area yang dimaksud dengan cairan anti-jamur. Namun sebelum disemprot, bersihkan dulu area tersebut dengan lap kering.

5. Tambal dan cat ulang dinding
Cara terakhir adalah dengan menambal dan memberikan sentuhan cat ulang pada dinding. Namun sebelumnya, Anda juga perlu membersihkan dinding dari jamur.

0 Komentar