Peringatan Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2023: Sumedang Mencatat Banyak Kasus AIDS Selama 2023!

Peringatan Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2023
Peringatan Hari AIDS Sedunia 1 Desember 2023(ist)
0 Komentar

sumedangekspres– Peringatan hari AIDS Sedunia 1 Desember 2023, saat ini peringatan mengenai penyakit AIDS selalu diperingati setiap tahunnya, momentum ini ditetapkan untuk meningkatkan kesadaran global terkait masalah kesehatan HIV/AIDS.

Kehadiran Hari AIDS Sedunia ini penting untuk diperhatikan karena menjadi kesempatan bagi berbagai pihak dalam memberikan edukasi terkait HIV. Baik tentang peningkatan akses terhadap layanan pengobatan ataupun pencegahan.

Saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang mencatat ada 129 kasus baru orang yang terinfeksi virus HIV (Odhiv) per November 2023. Adapun total Odhiv yang telah menjalankan perawatan dukungan pengobatan (PDP) ada 881 orang.

Baca Juga:Harga Cabai Terbaru di Pasar Inpres Sumedang: Faktor Apa yang Menyebabkan Cabai Naik?Ibu Hamil Terinsfeksi HIV di Sumedang: Bagaimana Penanganan Pihak Kesehatan Sumedang?

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang Deti Rahmawati, kepada wartawan saat konferensi pers dalam rangka Hari Aids Sedunia yang digelar di Kantor Dinas Kesehatan Sumedang,

Gejala HIV dan AIDS
Penyakit HIV/AIDS biasanya menimbulkan gejala yang terbagi menjadi beberapa tahap. Adapun tahapan dari gejala HIV adalah sebagai berikut:

1. Tahap 1
Tahap pertama terjadi ketika virus HIV baru menjangkiti tubuh penderitanya. Umumnya, pada tahap pertama ini gejala HIV belum muncul di tahun-tahun awal. Adapun gejala HIV pada tahap pertama yaitu:

Mudah terserang penyakit flu
Demam
Sakit tenggorokan
Timbul ruam
Nyeri otot

2. Tahap 2

Memasuki tahap 2, gejala HIV yang timbul masih serupa dengan tahap pertama. Tahap kedua ini biasanya akan berlangsung kurang lebih selama 10 tahun. Apabila tidak menjalani pengobatan, pada tahap kedua ini virus akan mulai menyebar dan semakin merusak sistem kekebalan tubuh. Penderita HIV di tahap kedua juga sudah bisa menularkan virus ini kepada orang lain.

3. Tahap 3
Di tahap ketiga, infeksi HIV sudah semakin parah dan memasuki kondisi AIDS. Maka dari itu, beberapa gejala yang timbul di antaranya:

Demam yang berkepanjangan, bahkan bisa sampai lebih dari 10 hari.
Tubuh selalu merasa lemas dan tidak berdaya.
Kesulitan untuk bernapas.
Mengalami gangguan diare kronis dan terjadi dalam kurun waktu lama.
Mudah terserang infeksi jamur pada mulut, tenggorokan, dan alat kelamin.
Berat badan turun drastis karena kehilangan nafsu makan.

0 Komentar