Tolak Modernisasi, Kampung di Jabar Yang Hidup Tanpa Listrik

Tolak Modernisasi, Kampung di Jabar Yang Hidup Tanpa Listrik
Tolak Modernisasi, Kampung di Jabar Yang Hidup Tanpa Listrik(istimewa/salsawisata.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Tolak Modernisasi, Kampung di Jabar Yang Hidup Tanpa Listrik

Kehidupan manusia yang terus mengalami kemajuan dan perkembangan modernisasi seperti ketergantungan terhadap listrik sebagai kebutuhan kehidupan sehari-hari.

Namun ada salah satu kampung di Jawa Barat yang menolak modernisasi seperti dilarangnya penggunaan energi listrik.

Kampung di Jabar Yang Hidup Tanpa Listrik

Kampung ini adalah Kampung Naga yang terletak Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Baca Juga:Pemkab Sumedang Salurkan 200 Orang Tenaga Kerja Ke Jepang Pada Tahun 2024DPMPTSP Sumedang Buka Sistem Si Petis Untuk Tawarkan Investasi ke Investor

Kampung ini bukan tidak bisa dialiri listrik namun penduduk setempatlah yang melarang penggunaan listrik di kampungnya.

Selain tidak menggunakan listrik di Kampung Naga juga masih kental dengan adat istiadat dan peralatan yang digunakan sehari-hari masih tradisional dari kayu dan batu.

Masyarakat di wilayah tersebut masih mengandalkan kayu bakar dan bumbu tradisional untuk keperluan memasak, sehingga kelestarian alam di sana tetap terjaga dengan baik.

Alasan warga Kampung Naga menolak kampungnya untuk dialiri listrik mereka beralasan karena rumah di kampung tersebut terbuat dari bahan kayu beratap ijuk sehingga khawatir rentan kebakaran jika ada listrik. Karena jika terjadi kebakaran maka semua rumah warga akan terkena imbasnya.

Selain itu juga, warga setempat tetap menolak karena alasannya takut menimbulkan rasa kecemburuan karena membeli seperti TV dan kulkas hanya bisa dilakukan bagi yang mampu saja.

Kampung Naga, yang mencakup area seluas 1,5 hektar, memiliki total 113 struktur bangunan. Angka ini terdiri dari 110 rumah penduduk, satu tempat ibadah, serta fasilitas umum berupa balai pertemuan dan lumbung padi (Leuit), serta Bumi Ageung.

Air di kampung ini juga sangat jernih dan dingin karena berasal dari pegunungan. Jalanan pun tidak di tembok seperti kebanyakan sekarang, di sini masih menggunakan batu yang ditanam dan ditata rapi.

Baca Juga:Pipik Taufik Ismail Caleg DPRD Jabar, Road Show Kecamatan Telukjambe TimurBank BJB Dukung Sektor UMKM, Pj Gubernur Jabar Berikan Apresiasi

Itulah informasi mengenai kampung di Jabar yang hidup tanpa listrik Kampung Naga Kabupaten Tasikmalaya.

0 Komentar