Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana: agar Komunikasi Efektif Jangan Mendominasi Pembicaraan

Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana: agar Komunikasi Efektif Jangan Mendominasi Pembicaraan
Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana: agar Komunikasi Efektif Jangan Mendominasi Pembicaraan
0 Komentar

“Intinya, upayakannya menyenangkan orang yang berkomunikasi dengan kita. Tunjukkan sikap antusias, sehingga mereka merasa dihargai,” papar Dr Aqua Dwipayana.

Pria yang hobi silaturahim ini tidak sekedar berucap. Namun konsisten selama puluhan tahun telah menunjukkan hal itu secara nyata. Menghormati semua orang secara universal tanpa melihat latar belakang mereka.

Komunikasi Efektif

Dr Aqua Dwipayana kemudian memaparkan cara menjadi seorang yang komunikatif. Pertama, mengenali dengan siapa kita berbicara. Sehingga memahami latar belakangnya dan materi yang menjadi perhatiannya.

Baca Juga:Meningkatkan Kualitas Suara dengan Mengkonsumsi Kencur, Apakah Bisa?Yuk merapat, Ada 5 Manfaat Kencur untuk Kecantikan yang Ga Boleh Kamu Lewatin

Kedua, lanjut Dr Aqua Dwipayana, tahu bagaimana cara menyampaikan pesan yang mudah dipahami. Dengan begitu komunikasinya lancar dan mencapai sasaran.

“Ketiga, saat berkomunikasi dengan siapa pun jangan pernah minder. Harus selalu percaya diri dan menguasai topik pembicaraan,” kata mantan wartawan di banyak media besar ini.

Keempat, tambah Dr Aqua Dwipayana, harus selalu memperbanyak wawasan. Caranya dengan rutin membaca berbagai bacaan, rajin berkomunikasi dengan semua orang, menonton televisi terutama informasi.

Kelima, ujar pembicara yang sering mendapat undangan ini, memiliki kemampuan berbicara yang jelas dan apa adanya. Sehingga orang yang diajak berkomunikasi memahami yang disampaikan.

“Selain itu yang keenam adalah ramah, murah senyum, dan bijaksana. Sikap ini membuat lebih akrab dengan semua orang diajak berkomunikasi,” ungkap Dr Aqua Dwipayana.

Terkait dengan keterampilan komunikasi, menurut bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana ini, sebaiknya setiap orang memiliki tiga hal. Yakni lisan, tulisan, dan non-verbal (body language).

Agar komunikasinya efektif dalam bekerja, ungkap Dr Aqua Dwipayana, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Diantaranya menyiapkan diri dan “bekal” sebelum memulai komunikasi. Saat berkomunikasi, pastikan pesan sudah tersampaikan dan dipahami dengan baik.

Baca Juga:Inilah Khasiat Kencur yang Harus Anda Ketahui, Ampuh Untuk Daya Tahan TubuhTernyata Dengan Tertawa Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung, Yuk Simak Pembahasannya!

“Simak dan dengarkan serta tangani dengan cermat dan bijak setiap masalah dalam lingkungan kerja. Berbicaralah dengan kata-kata yang halus dan sopan serta memahami kondisi orang lain. Fokuslah pada tujuan positif yang ingin dicapai,” tegas Dr Aqua Dwipayana.

Perkembangan Lintas Samudera Jaya Group

PT Lintas Samudera Jaya Express atau

0 Komentar