Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana: agar Komunikasi Efektif Jangan Mendominasi Pembicaraan

Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana: agar Komunikasi Efektif Jangan Mendominasi Pembicaraan
Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana: agar Komunikasi Efektif Jangan Mendominasi Pembicaraan
0 Komentar

Merasa Lebih Hebat

Dr Aqua Dwipayana melanjutkan selama ini sering terjadi kegagalan komunikasi baik di di internal maupun eksternal perusahaan karena ada yang merasa lebih hebat dari yang lain. Sehingga mendominasi pembicaraan. Akibatnya lawan bicara menjadi sangat tidak nyaman.

“Sebaiknya memulai saling menghormati saat berkomunikasi diawali di internal perusahaan. Semua pegawai mulai dari pimpinan tertinggi hingga karyawan terendah konsisten melakukannya,” ujar Doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

Khusus di internal perusahaan, lanjut Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat ini, pimpinan harus menjadi teladan di semua aspek termasuk dalam berkomunikasi. Dengan begitu seluruh jajarannya akan mengikutinya. Setelah mereka melihat yang dilakukan atasannya.

Baca Juga:Meningkatkan Kualitas Suara dengan Mengkonsumsi Kencur, Apakah Bisa?Yuk merapat, Ada 5 Manfaat Kencur untuk Kecantikan yang Ga Boleh Kamu Lewatin

Menurut Dr Aqua Dwipayana, komunikasi yang paling krusial di perusahaan adalah antara atasan dan bawahan. Sering terjadi gap atau kegagalan dalam berkomunikasi karena perbedaan pengalaman dan wawasan.

“Untuk mengatasi itu maka para atasan harus mau dengan rendah hati menyesuaikan dengan bawahannya dalam berkomunikasi. Jika memaksakan jajaran mengikuti kemauannya, bisa menimbulkan masalah,” ungkap Dr Aqua Dwipayana.

Pria yang belajar komunikasi baik formal S1, S2, dan S2 linier Ilmu Komunikasi maupun informal secara komprehensif ini, mengingatkan agar selalu berkomunikasi dengan hati dan hati-hati. Sehingga saat melakukannya tidak ada orang yang tersakiti.

Di sisi lain Dr Aqua Dwipayana juga menyoroti tentang komunikasi eksternal. Hal ini sangat penting untuk kesinambungan operasional perusahaan. Semua karyawan harus selalu baik setiap berkomunikasi dengan pihak luar.

“Jika komunikasi internalnya baik, insyaAllah komunikasi eksternal bagus. Untuk itu agar kelancaran komunikasi di perusahaan menjadi perhatian utama semua karyawan dan supaya konsisten mewujudkannya,” tutur Dr Aqua Dwipayana.

Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat ini berpesan agar terus-menerus diupayakan komunikasi yang baik dengan semua pihak eksternal. Jangan pernah meremehkan orang yang diajak berkomunikasi.

Supaya semua orang yang berkomunikasi merasa senang dan bahagia, pesan Dr Aqua Dwipayana, selalulah menganggap mereka sebagai orang penting. Tunjukkam kesungguhan dan keseriusan saat berkomunikasi.

0 Komentar