Demi Gaya Rela Pasang Behel Palsu? Ini Resikonya!

Demi Gaya Rela Pasang Behel Palsu? Ini Resikonya!
Demi Gaya Rela Pasang Behel Palsu? Ini Resikonya! (capture/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Demi gaya rela pasang behel palsu tanpa tahu apa resikonya.

Di era modern seperti sekarang ini dengan perawatan gigi berupa behel atau kawat gigi tidak hanya diperuntukan untuk sekedar memperbaiki susunan gigi, tetapi juga dianggap mampu membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik.

Bagi sebagian masyarakat di Indonesia tren ini pada akhirnya mengenyampingkan penggunaan behel untuk memperbaiki posisi dan susunan gigi namun hanya sekedar untuk kebutuhan mendukung penampilan semata, bahkan lebih buruk mempercayakan pemasangan behel pada tukang gigi abal-abal.

Baca Juga:Stroke Ternyata Bisa Menyerang Usia Muda, Apa Penyebab Utamanya?Penderita Stroke Tidak Boleh Mengkonsumsi Susu Jenis Ini!

Alasannya karena harga yang ditawarkan murah dan hasilnya terlihat sama dengan behel pada umumnya.

Padahal dengan fungsi yang sebenarnya yakni untuk memperbaiki struktur gigi, misalnya gigi berjejal, gigi jarang atau susunan gigi yang terlalu ke depan (maju atau mundur, red), kelainan rahang dan lainnya yang dirasa perlu untuk mengoreksi kelainan yang sesuai dengan kaidah medis.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) 39 tahun 2014 Tukang Gigi adalah setiap orang yang mempunyai kemampuan membuat dan memasang gigi tiruan lepasan.

Diketahui bahwa tukang gigi hanya dapat mengerjakan pekerjaan sebatas membuat dan memasangkan gigi tiruan lepasan dengan catatan tidak membahayakan kesehatan pasien.

Jika anda memasang behel ke dokter gigi, tentu pada awalnya dokter akan menjelaskan treatment planning yang akan dilakukan.

Namun jika anda memasang behel ke tukang gigi, dengan resiko kesehatan pribadi dan materi.

Tentunya dengan banyak keraguan dimulai dari sterilisasi alat yang bisa saja tidak dilakukan dengan benar.

Baca Juga:Jenis Olahraga yang Aman Bagi Penderita Leukemia, Yuk Simak!10 Makanan Ini Ampuh untuk Kamu yang Punya Anemia loh! Apa Saja Ya?

Behel abal-abal memiliki kemungkinan terjadinya pergeseran extreem atau bahkan ada gigi yang sampai lepas dari socket-nya. Bisa juga susunannya dari yang hancur malah semakin hancur.

Yang artinya anda harus kembal mengeluarkan biaya untuk memperbaiki kesalahan akibat yang dilakukan oleh tukang gigi sebelumya.

Dilansir dari laman website resmi klik dokter, adapun beberapa bahaya jika anda pasang behel di tukang gigi, diantaranya:

1. Infeksi

Infeksi gigi juga dapat terjadi karena pasang kawat gigi di tukang gigi. Efek samping ini dapat timbul karena peralatan tidak higienis.

0 Komentar