Stroke Ternyata Bisa Menyerang Usia Muda, Apa Penyebab Utamanya?

Stroke Ternyata Bisa Menyerang Usia Muda, Apa Penyebab Utamanya?
Stroke Ternyata Bisa Menyerang Usia Muda, Apa Penyebab Utamanya? (capture/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Identik dengan penyakit orang tua, stroke ternyata bisa menyerang usia muda. Bahkan bisa terjadi pada remaja bahkan anak-anak. Ko bisa?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa penyebab utama dri stoke di usia muda.

Stroke merupakan gangguan aliran darah ke otak yang disebabkan oleh pembekuan darah (iskemik) atau pecahnya pembuluh darah dalam otak (hemoragik), yang mengakibatkan bagian tubuh yang dikontrol oleh bagian otak yang rusak dan akan kehilangan fungsinya.

Dengan jenis stroke yakni:

Stroke Iskemik, arteri yang tersumbat

Stroke Hemoragik, kebocoran atau pecahnya pembuluh darah.

Baca Juga:Penderita Stroke Tidak Boleh Mengkonsumsi Susu Jenis Ini!Jenis Olahraga yang Aman Bagi Penderita Leukemia, Yuk Simak!

Stroke Ringan atau Transient ischaemic attack (TIA), gangguan sementara aliran darah ke otak.

Gejala utama stroke, diantaranya:

– Wajah yang jatuh atau kaku di satu sisi, orang tersebut mungkin tidak dapat tersenyum, mulut atau matanya mungkin terkulai.

– Lengan yang tidak bisa diangkat dan tidak bisa menahannya, karena stroke menyebabkan kelemahan atau mati rasa pada salah satu lengan.

– Cara Bicara yang tidak terkenal jelas atau kacau, atau bahkan tidak dapat berbicara sama sekali.

Adapun penyebab stroke yang menyerang usia muda, diantaranya:

1. Stres

Ketika anda mengalami stress tubuh akan menghasilkan beberapa hormon seperti kortisol yang merupakan hormon stress yang mempengaruhi homeostasis pada system organ, yang mempengaruhi tekanan darah juga denyut jantung menjadi lebih tinggi.

Maka jika tidak diolah dengan baik, tentunya stress dengan factor resiko kolesterol, riwayat tekanan darah tinggi, dan diabetes dapat meningkatkan resiko terjadinya stroke.

2. Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang tidak diobati bisa mengganggu pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantug atau stroke.

3. Tingginya kolesterol jahat

Baca Juga:10 Makanan Ini Ampuh untuk Kamu yang Punya Anemia loh! Apa Saja Ya?Jamu Tradisional yang Berkhasiat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Dibuat Dirumah Loh!

Low density lipoprotein/LDL dalam darah bisa menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah otak.

4. Anemia sel sabit 

Jenis anemia akibat kelainan genetik yang ditandai dengan bentuk sel-sel darah abnormal (seperti bulan sabit), sehingga menyebabkan pembuluh darah kekurangan pasokan darah sehat dan oksigen untuk disebarkan ke seluruh tubuh.

5. Penyalahgunaan Zat

Penggunaan kokain dapat menyempitkan pembuluh darah sambil meningkatkan penggumpalan sel darah yang menyebabkan pembekuan. Kondisi inilah yang menyebabkan penyalahgunaan zat berkontribusi terhadap stroke di usia muda.

0 Komentar