6 Kisah Mistis Gunung Galunggung, Gunung Berapi Yang Paling Sering Meletus di Jawa Barat

6 Kisah Mistis Gunung Galunggung, Gunung Berapi Yang Paling Sering Meletus di Jawa Barat
6 Kisah Mistis Gunung Galunggung, Gunung Berapi Yang Paling Sering Meletus di Jawa Barat ( Foto Istimewa : Borin Vlog)
0 Komentar

sumedangekspres – 6 Kisah Mistis Gunung Galunggung, Gunung Berapi Yang Paling Sering Meletus di Jawa Barat

Gunung Galunggung adalah salah satu gunung berapi aktif yang berada di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 2.168 MDPL.

Gunung ini merupakan salah satu gunung yang paling sering meletus, tercatat gunung galunggung pernah meletus pada tahun, 1818, 1822, 1894, dan letusan yang paling dahsyat yaitu pada tahun 1982 dimana letusannya terjadi selama 9 bulan dan berakhir pada 8 Januari 1983.

Baca Juga:3 Kisah Mistis di Gunung Papandayan, Si Rupawan Yang Menelan KorbanKwarcab Pramuka Sumedang 2024, Pj Bupati : Siapkan Pemimpin Masa Depan

Gunung Galunggung ini tentu mempunyai panorama yang cukup spektakuler dan mempesona dengan keindahan alamnya.

Seperti gunung lainnya, gunung ini menyimpan banyak misteri atau kisah mistis. Dengan berbagai mitosnya gunung ini mempunyai daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Berikut adalah kisah mistis Gunung Galunggung yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Dahsyatnya Letusan Gunung Galunggung

Letusan Gunung Galunggung terjadi beberapa kali, dan letusan terdahsyatnya terjadi pada tahun 1982  dengan menghancurkan desa-desa di sekitar, dan debunya pun sampai keluar Kabupaten Tasikmalaya.

Misterinya saat akan terjadinya letusan, di lereng Gunung Galunggung masyarakat melihat tanda-tanda yaitu munculnya raungan dan petir yang tidak biasa.

Dikatakan bahwa raungan itu seperti tangisan-tangisan kesedihan. Kemudian tiba-tiba banyak hewan turun dari gunung, mendatangi penduduk desa seolah-olah ada sesuatu di dalam hutan.

2. Tempat Tinggal Makhluk Ghaib

Dan kisah mistis Gunung Galunggung lainnya adalah tempat tinggalnya para makhluk gaib, seperti jin dan makhluk lainnya.

Baca Juga:Duka Pemilu 2024 di Sumedang, 5 Orang Meninggal Dunia dan 14 Orang Jalani Rawat Inap6 Kisah Mistis di Gunung Lawu, No 2 Ada Pasar Yang Sangat Menyeramkan

Bahkan konon ceritanya, di gunung ini terdapat banyak makhluk tidak kasat mata dibanding dengan para pendaki.

Maka dari itu banyak paranormal yang percaya bahwa di puncak Gunung Galunggung adalah tempat tinggal para makhluk gaib, dan tempat pertemuan banyak jin.

3. Mata Air Tujuh Rasa

Di Gunung Galunggung ini juga terdapat 7 mata air yang mempunyai rasa yang berbeda-beda. Bukan hanya rasanya yang berbeda namun khasiat dari air ini juga berbeda-beda seperti untuk kesehatan dan kebersihan jiwa.

Banyak yang percaya bahwa setelah membasuh dengan menggunakan air ini, mereka akan sejenak merasa sangat bersih dan segar.

4. Batu Besar Pertapaan

0 Komentar