Kabar dari PD Beras Panser 29, Siap-Siap Harga Beras Melambung!

Kabar dari PD Beras Panser 29, Siap-Siap Harga Beras Melambung!
Kabar dari PD Beras Panser 29, Siap-Siap Harga Beras Melambung!(FDL)
0 Komentar

sumedangekspres – Kabar dari PD Beras Panser 29, Siap-Siap Harga Beras Melambung! Kamu pasti sudah sering dengar berita tentang kenaikan harga beras, kan?

Nah, kali ini kami akan berbagi cerita dari hasil wawancara kami dengan salah satu toko beras yang cukup terkenal di Jalan Serma Muchtar no 29, yaitu Toko PD Beras Panser 29. 

Toko ini dikelola oleh Pa Haji Hendi, yang akrab dipanggil Pa Haji UB. Yuk, simak cerita lengkapnya!

Kekeringan di Ujung Jaya, Sumedang

Baca Juga:Dialog Apdesi dengan Pj Bupati Sumedang Bahas Perubahan UU Desa, Suara untuk Desa yang Lebih BaikKehadiran PMI Sahabat Setia Pemkab Sumedang

Menurut Pa Haji Hendi, harga beras diperkirakan akan naik dalam waktu dekat. Salah satu faktor utamanya adalah kekeringan yang melanda beberapa sawah di Ujung Jaya, Sumedang. 

Pa Haji Hendi mengatakan, “Sawah-sawah di daerah-daerah yang mengalami kekeringan akan sangat berpengaruh terhadap pasokan beras di toko kami. Kalau sawah di daerah-daerah mengalami kekeringan, otomatis pasokan beras ke toko kami berkurang.”

Kamu bisa bayangkan, kalau sawah-sawah di Ujung Jaya yang biasanya subur dan menghasilkan banyak beras mulai mengalami kekeringan, tentu saja produksi beras menurun.

Nah, kalau produksi beras menurun, pasokan beras juga ikut berkurang. 

Akibatnya, harga beras pun naik. Ini sudah hukum ekonomi sederhana, di mana permintaan tinggi tapi pasokan rendah, harga pasti naik.

Pa Haji Hendi menjelaskan lebih lanjut tentang dampak kekeringan ini. Menurutnya, kekeringan di Ujung Jaya sudah berlangsung beberapa bulan terakhir.

 “Air irigasi yang biasanya mengalir deras ke sawah-sawah kini mulai surut. Petani-petani di sana sampai harus menggali sumur untuk mendapatkan air, tapi itu pun tidak cukup,” katanya.

Baca Juga:Sumedang Dapat Tambahan Alokasi Pupuk Subsidi Urea dan NPK 21 Ribu TonPeningkatan Infrastruktur Desa Sukahayu, Jalan Baru Ini Bakal Bikin Kamu Terkejut

Dia juga menambahkan bahwa banyak petani yang terpaksa menunda masa tanam mereka karena kondisi ini. “Biasanya mereka bisa panen tiga kali setahun, tapi sekarang mungkin hanya dua kali atau bahkan sekali.

Ini sangat mempengaruhi jumlah beras yang bisa kami dapatkan,” ujar Pa Haji Hendi dengan nada prihatin.

Kamu mungkin penasaran, seberapa besar kenaikan harga beras yang diperkirakan akan terjadi? Menurut Pa Haji Hendi, kenaikan ini bisa mencapai 10-20%. “Ini perkiraan kami jika kondisi kekeringan terus berlanjut. 

0 Komentar