Jawa Barat Targetkan Kunjungan Wisatawan Tahun 2024 Tembus 100 Juta

Sekda Jabar Herman Suryatman memberikan arahan dalam acara Ngobrol Bareng Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Ind
Sekda Jabar Herman Suryatman memberikan arahan dalam acara Ngobrol Bareng Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) DPD Jawa Barat di Sujiva.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA BANDUNG – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat tahun ini menargetkan kunjungan wisatawan domestik ke Jabar tembus 100 juta orang. Sementara kunjungan wisatawan mancanegara ditargetkan sebanyak 1 juta orang. 

“Kita targetkan tahun ini bisa menembus 100 juta wisatawan domestik dan minimal 1 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Jabar,” ujar Sekretaris Daerah Jabar Herman Suryatman di Kota Bandung, Jumat (7/6/2024). 

Menurutnya, target tersebut meningkat dari sebelumnya. Wisatawan domestik yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Jabar pada 2023 tercatat sebanyak 85 juta orang. Sedangkan wisatawan mencanegara sebanyak 740.000 orang. 

Baca Juga:Cara Memilih Hewan Kurban yang BaikManfaat Berkurban bagi Kepentingan Sosial

Herman optimistis, target yang ditetapkan tahun ini dan ke depan bisa tercapai. Kuncinya adalah kolaborasi Pentahelix, salah satunya dengan pelaku jasa pariwisata. 

“Saya yakin target itu bisa, asal kita bekerja, kolaborasi, _sabilulungan_,” ucap Herman. 

Optimisme tersebut didorong dengan penguatan regulasi sektor pariwisata, peningkatan fasilitas hingga kemudahan akses ke destinasi wisata. 

“Pemprov Jabar akan memperkuat regulasi, meningkatkan fasilitas serta anggaran. Itu komitmen kami,” ungkapnya. 

Herman menuturkan, pariwisata merupakan salah satu sektor strategis pendongkrak laju pertumbuhan ekonomi. Oleh sebab itu, Pemda Provinsi Jabar menaruh perhatian tinggi terhadap pembangunan pariwisata. 

“Laju pertumbuhan ekonomi terus kita naikkan dan salah satu sektor strategis untuk menggerakkan roda ekonomi di Jabar adalah pariwisata. Karena itu kami memberikan perhatian yang serius terhadap pembangunan pariwisata,” tuturnya. 

Jabar memiliki potensi pariwisata melimpah yang tersebar di setiap kabupaten dan kota, mulai dari pantai, laut, gunung hingga ekonomi kreatif. Paket komplet yang dimiliki Jabar ini membuat kunjungan wisatawan terus  meningkat setiap tahunnya. 

Baca Juga:Cara Menyimpan Daging Agar Tetap AwetRekomendasi Menu Mengolah Daging Kurban

“Industri pariwisata Jabar terus bergairah, terlihat dari kunjungan wisatawan yang selalu meningkat setiap tahunnya,” ujar Herman. 

Komitmen Jabar dalam mendongkrak kunjungan wisatawan ini disambut baik oleh salah satu pelaku jasa pariwisata Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI). 

Ketua PUTRI Jabar Taufik Hidayat mengatakan, pihaknya siap mendukung berbagai program pemerintah dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan. 

“Kami senang Pak Sekda punya komitmen tinggi dalam memajukan pariwisata Jabar dan kami siap mendukung program pemerintah,” sebut Taufik.

0 Komentar