Memperingati Hari Lansia, Bey Machmudin Menyebut Masih Banyak Yang Menjadi Tulang Punggung Keluarga

Bey Machmudin
Bey Machmudin saat menghadiri acara peringatan Hari Lansia Tahun 2024 tingkat Jabar di Gedung Sate Bandung, Rabu (19/6). (Jabar Ekspres/Sandi Nugraha)
0 Komentar

sumedangekspres – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar), Bey Triadi Machmudin, menyebut bahwa saat ini masih banyak masyarakat kategori Lanjut Usia atau Lansia yang masih menjadi tulang punggung keluarga, Rabu (19/6/2024).

Bahkan berdasarkan hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional atau Susenas, Bey mengatakan bahwa data per tahun 2022 menunjukkan ada sekitar 5,7 juta lansia di Indonesia yang masih bekerja dan menjadi tulang punggung keluarga.

“Di Jabar dari data itu (Susenas) mendapatkan urutan ke-4. Jadi masih banyak lansia yang bekerja (menjadi tulang punggung), dan sektor formalnya sedikit hanya 20 persen, kebanyakan informal seperti jualan warung, buruh tani, dan lain sebagainya,” ucapnya usai memperingati Hari Lansia Tahun 2024 tingkat Jabar di Gedung Sate Bandung, Rabu (19/6).

Baca Juga:Diduga ODGJ, Seorang Pria Melakukan Percobaan Bunuh Diri di Jembatan RajamandalaBekasi, Masih Menanti Sertifikasi, 14.000 Hektare Lahan Hutan di Muaragembong

Maka dari itu, agar dapat mensejahterakan lansia nantinya, Bey mengaku bahwa pemerintah khususnya Jabar akan terus memperhatikan lansia.

“Memang tugas kami pemerintah untuk memperhatikan mereka (para lansia), dan tadi saya sudah koordinasi dengan Kadinsos untuk memastikan pelayanan BPJS dan bantuan sosial (bansos) mereka, dan memang keluarga juga harus ikut serta bukan hanya menemani tapi juga turut merawat,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Bey berharap dengan cara tersebut lansia khususnya di Jabar dapat mendapatkan kesejahteraan dan tidak lagi menjadi tulang punggung keluarga.

“Jadi pada intinya saya ingin meskipun mereka bekerja hanya untuk ada kegiatan, tapi jangan sampai menjadi tulang punggung keluarga,” pungkasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di jabarekspres.com, dengan judul: Pringati Hari Lansia, Bey Machmudin Sebut Masih Banyak yang Menjadi Tulang Punggung Keluarga

0 Komentar