Peran Aki Lengser dalam Upacara Adat Sunda Mapag Pengantin

Peran aki lengser dalam upacara adat sunda mapag pengantin
Peran aki lengser dalam upacara adat sunda mapag pengantin
0 Komentar

sumedangekspres – Berbagai adat tradisi dalam prosesi pernikahan Sunda, seperti sawer pengantin, meuleum harupat, bantayan, huap lingkung, dan upacara adat mapag pengantin. Dalam upacara adat Sunda, berbagai elemen ini dipertontonkan atau dilakukan sebagai bagian dari prosesi pernikahan. Salah satu peran penting dalam pagelaran upacara adat adalah peran Aki Lengser. Meskipun berbeda dengan zaman kerajaan, peran Aki Lengser saat ini tetap memiliki tugas yang tidak berubah, khususnya sebagai pendamping kedua pengantin.

Dalam hal tata rias dan pakaian, sekarang lebih menarik daripada masa lampau, menunjukkan perkembangan seni dalam upacara adat Sunda mapag pengantin. Beberapa elemen yang dulunya ada dalam pagelaran, seperti penari umbul-umbul dan penari ponggawa dengan penggunaan gamelan degung lengkap, sekarang mungkin sudah tidak lagi dilakukan atau dikurangi.

Ini menunjukkan bahwa meskipun ada perubahan dalam pelaksanaan upacara adat, nilai dan peran dari ritual ini tetap dijaga dan diteruskan dari generasi ke generasi, walaupun dengan adaptasi terhadap zaman dan budaya yang berubah.

Baca Juga:Sejarah Aki Lengser dalam Prosesi Upacara Adat Mapag Pengantin SundaPergerakan Tanah Bencana Alam Puluhan Rumah Mengalami Kerusakan Berat

Namun, dengan perkembangan zaman atau zaman modern ini, pagelaran upacara adat Sunda mapag pengantin menjadi lebih sederhana dan biasanya disesuaikan dengan anggaran yang tersedia oleh pihak yang mengadakan pernikahan.

Tugas Aki Lengser dalam upacara adat Sunda mapag pengantin awalnya meliputi mengarahkan calon pengantin pria untuk memasuki lingkungan tempat calon pengantin wanita telah disiapkan oleh panitia pernikahan. Setelah itu, Aki Lengser mengarahkan keluarga calon pengantin pria untuk berbaris, menandakan dimulainya upacara adat Sunda mapag pengantin.

Setelah keluarga calon pengantin pria siap mengikuti prosesi upacara adat Sunda mapag pengantin, Aki Lengser segera menyiapkan ibu dan bapak dari calon pengantin wanita beserta keluarga besar mereka. Setelah kedua keluarga calon mempelai pria dan wanita telah siap, upacara adat Sunda mapag pengantin langsung dilaksanakan.

Dalam pagelarannya, biasanya ada pengisi suara yang khusus dipilih untuk mendubing peran Aki Lengser dan Ambu. Pengisi suara ini berasal dari nayaga atau pemusik yang berada di atas panggung. Meskipun demikian, peran terpenting tetap pada Aki Lengser.

0 Komentar