Xiaomi Berhasil Menjadi Produsen Ponsel Terlaris di China dan Menduduki Posisi Ketiga Secara Global

Sumber Foto: REUTERS/Stringer
Sumber Foto: REUTERS/Stringer
0 Komentar

sumedangekspres – Dalam laporan Counterpoint untuk kuartal II-2024, Xiaomi berhasil menjadi produsen ponsel terlaris di China dan menduduki posisi ketiga secara global dengan pangsa pasar sebesar 14%. Xiaomi mengungguli dua pesaing besar asal China, Vivo dan Oppo, yang masing-masing memiliki pangsa pasar 8%. Xiaomi juga mencatat pertumbuhan tercepat di industri dengan angka mencapai 22%, berkat peluncuran ponsel populer seperti Redmi 13 dan Note 13.

Sementara itu, Samsung, raksasa teknologi asal Korea Selatan, mempertahankan posisi teratas dengan pangsa pasar 20% pada kuartal II-2024. Kekuatan posisi Samsung didukung oleh penjualan seri Galaxy S24 dan pembaruan dari seri Galaxy A, yang menyasar pasar ponsel entry-level.

Peringkat kedua ditempati oleh Apple dengan pangsa pasar sebesar 16%. Meskipun pertumbuhan tahunan iPhone sangat kuat di Eropa dan Amerika Latin, di Amerika Serikat (AS) dan China mengalami pertumbuhan yang lebih rendah. Di China, Apple menghadapi tantangan besar akibat kembalinya Huawei yang sukses di pasar.

Baca Juga:Seleksi CPNS 2024 dijadwalkan Akan dimulai pada Minggu Pertama Agustus 2024Damri Meluncurkan Kembali Rute Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) yang Menghubungkan Bandung dan Subang

Secara keseluruhan, pasar smartphone global tumbuh 6% per tahun, angka tertinggi dalam tiga tahun terakhir menurut laporan Counterpoint. Kenaikan ini didorong oleh membaiknya sentimen konsumen dan faktor makroekonomi. Pertumbuhan penjualan smartphone dalam tiga kuartal terakhir memberikan angin segar bagi industri setelah periode penurunan tahun lalu.

“Pasar dengan cepat pulih berkat membaiknya sentimen konsumen dan posisi inventaris,” kata Direktur Riset Counterpoint, Tarun Pathak.(*)

0 Komentar