Berkat Medali Emas dari Panjat Tebing, Indonesia Naik Peringkat di Klasemen Sementara Olimpiade Paris 2024

Berkat Medali Emas dari Panjat Tebing, Indonesia Naik Peringkat di Klasemen Sementara Olimpiade Paris 2024.
Berkat Medali Emas dari Panjat Tebing, Indonesia Naik Peringkat di Klasemen Sementara Olimpiade Paris 2024.
0 Komentar

Sumedangekspres – Kontingen Indonesia melesat dalam klasemen sementara Olimpiade Paris 2024 setelah sukses meraih dua medali emas pada Kamis (8/8/2024). Kedua medali emas tersebut disumbangkan oleh atlet-andalan Indonesia, Veddriq Leonardo dari panjat tebing dan Rizki Juniansyah dari angkat besi.

Veddriq Leonardo, atlet kelahiran Pontianak, menjadi pahlawan pertama dengan menyumbangkan medali emas setelah tampil gemilang dalam nomor men’s speed di panjat tebing. Veddriq mengalahkan wakil China, Wu Peng, yang merupakan peringkat kedua dunia, dengan catatan waktu 4,75 detik di partai final.

Keberhasilan Veddriq kemudian diikuti oleh Rizki Juniansyah yang turun di cabang angkat besi nomor 73 kg. Bertanding di South Paris Arena pada Kamis malam atau Jumat dini hari WIB, Rizki mencatat total angkatan 354 kg, unggul atas Weeraphon Wichuma dari Thailand dan Andreev Bozhidar Dimitrov dari Bulgaria, yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga.

Baca Juga:Kasus Vina Semakin Terang, KDM: Hukum Itu Fakta dan Data Bukan Halu dan Cocoklogi BPIP Pastikan Kesiapan Calon Paskibraka Makin Meningkat Jelang ke Ibu Kota Nusantara

Dengan tambahan dua medali emas ini, Indonesia kini telah mengumpulkan dua emas dan satu perunggu di Olimpiade Paris 2024. Perunggu sebelumnya disumbangkan oleh Gregoria Mariska Tunjung dari cabang bulu tangkis nomor tunggal putri.

Hasil ini membawa Indonesia naik secara signifikan dari posisi 60 besar ke peringkat 28. Meski begitu, Indonesia masih berada di bawah Filipina yang menempati peringkat 26 dengan total empat medali, yakni dua emas dan dua perunggu.

Sementara itu, peringkat pertama klasemen sementara Olimpiade Paris 2024 ditempati oleh Amerika Serikat dengan total 103 medali, terdiri dari 30 emas, 38 perak, dan 35 perunggu. China berada di posisi kedua dengan 73 medali (29 emas, 25 perak, dan 19 perunggu), sedangkan Australia melengkapi posisi tiga besar dengan 45 medali (18 emas, 14 perak, dan 13 perunggu).(*)

0 Komentar