Kecamatan Sumedang Utara Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke-79 

BERIKAN: Plt Camat Sumedang Utara, Maman Wasman saat memberikan hadiah kepada salah seorang peserta juara di A
BERIKAN: Plt Camat Sumedang Utara, Maman Wasman saat memberikan hadiah kepada salah seorang peserta juara di Alun-alun Tegalkalong, Selasa (20/8).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79. Pemerintah Kecamatan Sumedang Utara, menggelar Festival Kaulinan Urang Lembur di Alun-Alun Tegal Kalong, Kecamatan Sumedang Utara, Selasa (20/8).

Acara dipimpin langsung oleh Plt Camat Sumedang Utara, Maman Wasman, dan diikuti oleh para aparatur kelurahan serta perangkat desa di wilayah Kecamatan Sumedang Utara.

Pada kesempatan tersebut, Plt Camat Sumedang Utara, Maman Wasman, melalui Kasi Pemerintahan Umum Kecamatan Sumedang Utara, Raudlatul M, menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan HUT RI ke-79 di Kecamatan Sumedang Utara akan diisi dengan berbagai acara menarik.

Baca Juga:Warga Keluhkan Jalan Rusak di Kawasan Kota SumedangHUT RI Ke-79, Dinas Perkimtan Sumedang Gelar Berbagai Perlombaan

“Hari ini, Alhamdulillah, kita telah melaksanakan salah satu rangkaian kegiatan HUT RI ke-79 tingkat Kecamatan Sumedang Utara, yaitu Festival Kaulinan Urang Lembur,” ujar Raudlatul.

Festival tersebut menampilkan berbagai permainan tradisional dari masa lalu yang sengaja diangkat kembali untuk diperkenalkan kepada generasi muda zaman sekarang.

“Kegiatan ini juga mengingatkan warga yang dulu pernah memainkan permainan-permainan tersebut,” tambahnya.

Selain Festival Kaulinan Urang Lembur, Raudlatul menjelaskan bahwa akan ada rangkaian kegiatan lainnya. Pada 23 Agustus malam, akan digelar pertunjukan kesenian tradisional Bangreng yang melibatkan warga desa di wilayah Kecamatan Sumedang Utara.

Rangkaian perayaan HUT RI ke-79 akan ditutup dengan Tabligh Akbar pada 27 Agustus 2024 di Pendopo Kecamatan Sumedang Utara. Raudlatul juga menambahkan bahwa Festival Kaulinan Urang Lembur tersebut sesuai dengan keinginan Plt Camat Sumedang Utara, Maman Wasman, yang berencana menjadikan Kantor Kecamatan Sumedang Utara sebagai Heritage Office.

“Gedung kantor Kecamatan Sumedang Utara masih merupakan bangunan peninggalan zaman dulu, dan kami ingin mengangkat kembali nilai-nilai budaya dari masa lalu,” katanya.

Selain itu, Raudlatul mengungkapkan bahwa peninggalan seperti gedung kesenian dan kebudayaan akan difasilitasi agar dapat dimanfaatkan oleh warga, terutama anak-anak sekolah.

Baca Juga:Hendrik dan Lucky Deklarasikan 'I'M 2'Dukung Percepatan Sertipikasi Tanah di Pulau Nusakambangan, Kementerian ATR/BPN Terima Penghargaan

“Kami berharap kegiatan ini dapat memotivasi anak-anak untuk lebih kreatif dan tidak hanya terpaku pada gadget,” tutupnya. (ahm)

0 Komentar