Gubernur Monitoring ke Jatigede: Makan Siang Bergizi di Sumedang Jadi Contoh Daerah Lain

Gubernur Monitoring ke Jatigede: Pelaksanaan Makan Siang Bergizi di Sumedang akan Menjadi Contoh Daerah Lain
Gubernur Monitoring ke Jatigede: Pelaksanaan Makan Siang Bergizi di Sumedang akan Menjadi Contoh Daerah Lain
0 Komentar

sumedangekspres -JATIGEDE – Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin melakukan monitoring pelaksanaan makan siang bergizi di SDN Pamoyanan Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang, Rabu (2/10).

Mulai dari menu, jenis, tempat penyajian, cara pengolahan hingga penyaluran makanan, pun tak luput dari pantauan Bey Machmudin.

“Saya meninjau makan siang bergizi dan saya lihat dari mulai awal dari hulunya. Mulai kebersihan di tempat masak, kemudian jenis makanan yang dipilih dan juga tempat untuk makannya. Itu sudah sesuai standar. Dan memang dipantau terus oleh teman-teman di kabupaten sumedang,” kata Bey di sela-sela kunjungan ke sekolah tersebut.

Baca Juga:Sidik Jafar Resmi Nahkodai DPRD Sumedang, Siap Kawal Kebijakan dan PembangunanSekda Tuti Tuntut SKPD Cermat Tentukan Target

Kedepannya, Bey juga berharap, ketika pelaksanaan makan siang bergizi ditetapkan secara luas, pemerintah daerah kabupaten/kota lebih mengawasi secara detail pelaksanaannya.

“Ketepatan waktu pengiriman juga penting. Tadi proses (membuat makanan) dari subuh dan jam 9 sudah sampai di sini (sekolah, red). Makanya, harus dibagi-bagi lagi pekerjaannya dan standarnya harus sama,” ucap Bey.

Pelaksanaan makan siang bergizi di Sumedang akan menjadi contoh bagi daerah lainnya. “Nanti hasil dari sini (Sumedang, red), kita evaluasi bersama. Dan sepertinya sudah sesuai dengan yang diinginkan oleh kita,” ujar Bey.

Kata Bey, hal itu juga terlihat dari antusias para siswa menyantap makan siang bergizi yang disajikan. “Tadi saya juga melihat, makanannya mereka (para siswa, red) habis semua. Jenis dan rasa juga sudah sesuai dengan selera anak-anak ya,” tuturnya.

Program makan siang bergizi ini juga, kata Bey, turut memberdayakan petani lokal. Misalnya saja, komodisi beras berasal dari warga sekitar. Begitu juga bahan makanan lainnya. “Jadi tidak hanya penyiapan makanan, tapi nanti diharapkan juga ekonomi di daerah sini akan lebih tumbuh lagi,” pungkas Bey.

Sementara itu, Bupati Sumedang Yudia Ramli berterima kasih kepada Pj Gubernur Bey Machmudin atas kunjungan monitoring pelaksanaan makan siang bergizi. Pelaksanaan makan siang bergizi di Sumedang merupakan yang pertama. Yakni di SDN Pamoyanan Jatigede dan SDN di Jatinangor.

Pelaksanaan uji cobanya makan siang bergizi sudah memasuki hari ke-20. Dan kegiatannya dilaksanakan secara partisipatif. “Artinya, ini biayanya dari iuran BUMD juga masyarakat agnia (warga berkemampuan lebih, red) dan sebagainya,” ujar Yudia.

0 Komentar