Pemilih Pemula Siswa SMAN Cimanggung Bikin E-KTP di Sekolah

BUAT KTP: Salah seorang siswa SMAN Cimanggung saat melakukan perekaman E-KTP di sekolahnya, Rabu (9/10).
BUAT KTP: Salah seorang siswa SMAN Cimanggung saat melakukan perekaman E-KTP di sekolahnya, Rabu (9/10).
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG – Menjelang Pemilu Serentak 2024, upaya pemerintah dalam mempersiapkan pemilih pemula semakin gencar dilakukan. Salah satunya adalah melalui program perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yang dilakukan langsung di sekolah-sekolah menengah atas.

Kecamatan Cimanggung turut mengambil bagian dengan menyambangi para siswa di SMA Negeri Cimanggung untuk proses perekaman KTP-el. Proses tersebut dilakukan dengan tujuan utama mempermudah siswa-siswi yang berusia 16 hingga 17 tahun dalam mendapatkan KTP-el, yang merupakan syarat utama bagi pemilih pemula dalam Pemilu mendatang.

“Kartu identitas ini menjadi salah satu persyaratan penting bagi mereka yang ingin menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024. Kami ingin memastikan mereka tidak kehilangan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kontestasi demokrasi ini,” ujar Ai Toyaidah, Kasi Pelayanan Publik Kecamatan Cimanggung, yang mewakili Camat Cimanggung, Agus Wahyudin, kepada Sumeks, kemarin.

Baca Juga:Masyarakat Adat Ujungjaya Minta Bupati Perhatikan BudayaHanya Di Sumedang Liburan Bisa Sambil Bikin KTP

Selain itu, program tersebut memberikan kemudahan bagi para siswa yang tidak perlu lagi meninggalkan kegiatan belajar di sekolah. Perekaman KTP-el langsung dilakukan di sekolah mereka, sehingga tidak mengganggu aktivitas harian para siswa.

Menurut Ai, pihaknya telah berkoordinasi dengan sekolah-sekolah terkait jadwal pelaksanaan perekaman.

“Kami sudah beberapa kali mengunjungi sekolah, dan respon dari pihak sekolah sangat baik,” tambahnya.

Langkah proaktif tersebut diharapkan dapat mempercepat proses pemenuhan identitas kependudukan bagi pemilih pemula, sehingga mereka siap menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2024. Ai menjelaskan, pihaknya telah mengirimkan surat ke berbagai sekolah di Kecamatan Cimanggung dan tinggal menunggu konfirmasi kesiapan dari sekolah-sekolah tersebut.

Hingga saat ini, perekaman baru dilaksanakan di satu sekolah, yaitu SMA Negeri Cimanggung. Pelaksanaan perekaman KTP-el di sekolah melibatkan empat petugas dari kecamatan, dengan target menjangkau seluruh siswa yang berusia 16-17 tahun sebelum Pemilu 2024.

Ai berharap seluruh pemilih pemula dapat terdaftar sebagai pemilih sah dengan memiliki KTP-el.

“Kami berharap semua pemilih pemula sudah memiliki KTP-el sebelum Pemilu, sehingga mereka bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga:Korsleting Listrik, Dua Rumah di SBG Cimanggung Ludes TerbakarPuluhan Baliho Dony-Fajar Diduga Dirusak, Timses: Kami Tidak Mau Suudzon

Program tersebut mendapat sambutan positif dari berbagai pihak, terutama sekolah-sekolah yang merasa terbantu dengan kehadiran petugas perekaman langsung di tempat. Selain memudahkan siswa, langkah ini juga dinilai efektif dalam memastikan partisipasi generasi muda dalam Pemilu.

0 Komentar