Daun Kemangi Memang Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan, Terutama dalam Budaya Kuliner Indonesia

Daun Kemangi
Daun Kemangi Memang Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan, Terutama dalam Budaya Kuliner Indonesia.
0 Komentar

sumedangekspres – Daun kemangi memang memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama dalam budaya kuliner Indonesia.

Selain dijadikan lalapan, kemangi dikenal sebagai tumbuhan aromatik yang berasal dari Asia dan Afrika. Rasanya yang segar dan sedikit pahit membuatnya istimewa dalam berbagai masakan. Selain itu, kemangi sering dikonsumsi dalam bentuk teh atau suplemen karena dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit.

Daun kemangi memang kaya akan nutrisi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan yang menarik. Dalam 100 gram daun kemangi, terdapat:

Baca Juga:Indonesia Memiliki Ribuan Jenis Tanaman Obat yang Kaya Manfaat: Berikut adalah Beberapa ContohnyaSyaikhu Ingin Optimalkan Bank BJB untuk Hadirkan Rumah Bagi Anak Muda

– Kalori: 23- Protein: 3 gram- Kalsium: 177 mg- Kalium: 295 mg- Magnesium: 64 mg- Vitamin C: 18 mg- Zat Besi: 3 mg

Selain itu, kemangi juga mengandung antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin, serta serat, fosfor, folat, zinc, dan vitamin A dan B.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari daun kemangi:

1. Mengatasi Jerawat: Sifat antibakteri daun kemangi dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan mempercepat penyembuhan luka.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan: Daun kemangi dapat mencegah gangguan pencernaan dan menurunkan kadar asam lambung, serta mengatasi diare dan mual.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka: Memiliki sifat antivirus dan antijamur, daun kemangi membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan mencegah infeksi.

4. Menurunkan Stres dan Kecemasan: Sebagai adaptogen, daun kemangi membantu tubuh beradaptasi terhadap stres, meningkatkan rasa tenang, dan mengatasi gangguan tidur.

5. Mencegah Kanker: Kandungan antikanker dalam daun kemangi dapat membantu melawan berbagai jenis sel kanker.

Baca Juga:Kode Redeem FF Hari Ini Minggu, 13 Oktober 2024Kalian Sering Mengalami Cemas?, Inilah Cara Meredakan Gangguan Kecemasan

Selain itu, kemangi juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan mengontrol gula darah, meskipun beberapa manfaat ini memerlukan penelitian lebih lanjut. Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi daun kemangi sebaiknya dihindari jika Anda merencanakan kehamilan atau mengalami gangguan perdarahan.(*)

0 Komentar