KPU Sumedang Lakukan Verifikasi Faktual

KPU Sumedang Lakukan Verifikasi Faktual
Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi saat memimpin jajarannya melaksanakan Verifikasi Faktual ke setiap Parpol di Sumedang, kemarin (ist)
0 Komentar

sumedang, KOTA – KPU kabupaten Sumedang melaksanakan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Sekretariat Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024, Senin (17/10).

Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi menyampaikan KPU Kabupaten Sumedang melakukan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Sekretariat mulai tanggal 16 Oktober 2022.

“Verifikasi faktual tahapannya dimulai dari tanggal 15 Oktober sampai 4 November 2022. Untuk verfak kepengurusan dan sekretariat kami laksanakan tanggal 16 dan 17 Oktober 2022,” ujar Ogi di kantornya.

Baca Juga:Sumedang Gabung di Jaringan Global Fab City NetworkBPBD Siaga Saat Intensitas Hujan Tinggi

Jadi, kata dia, Minggu (16/10) ada 5 Partai yang sudah di verfak. Yaitu Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nasional (PKN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda dam Partai Gelora. “Hari ini kami verfak 4 Partai, Partai Bulan Bintang, Partai Ummat, Partai Parsindo, Partai Hanura,” ujarnya.

Ada 9 dari 18 Partai Politik yang diverifikasi faktual oleh KPU setelah dinyatakan lolos verifikasi administrasi. Sedangkan, 9 Partai lainnya adalah partai yang sudah punya kursi di DPR RI atau sudah lolos Parlementary threshold 4 persen.

“Sembilan Parpol yang kami verfak setelah lolos verifikasi administrasi, 9 lainnya yang menunggu penetapan sebagai Partai Politik peserta Pemilu 2024 yang akan diumumkan 14 Desember 2022,” ujar Ogi.

Dikatakan, pada saat pendaftaran ke KPU RI, ada 43 Parpol. Kemudian yang dinyatakan lengkap 40 Parpol.

Menurutnya, dari 40 Parpol yang dinyatakan dapat melanjutkan ke Verifikasi administrasi sebanyak 24 Parpol. Hanya 18 Parpol yang dinyatakan lolos administrasi, 9 Parpol menunggu penetapan sebagai Parpol Peserta Pemilu 2024, 9 Parpol lainnya dilakukan Verifikasi Faktual.

“Dalam verfak kepengurusan dan sekretariat, kami memastikan bahwa alamat sekretariat sesuai dengan yang disampaikan di SIPOL. Kami memastikan alamatnya benar dan kelengkapan sebagai kantor partai terpenuhi seperti papan nama, terdapat tidaknya pendukung lainnya semacam komputer, meja dan lain-lain,” jelasnya .

Sedangkan untuk Kepengurusan, lanjut dia, pihaknya memastikan pengurus sesuai dengan SK yang diupload kedalam SIPOL.

Baca Juga:Partai Ummat Sumedang Optimis Lolos Verifikasi FaktualSidak Pengusaha Beras Dan Penggilingan Padi, Cegah Penimbunan Beras

“Sekurang-kurangnya kami memastikan Ketua, Sekretaris, dan Bendahara ada di Sekretariat untuk kami sesuaikan KTP dan KTAnya sesuai dengan SK kepengurusan dan yang telah tertera dalam SIPOL,” pungkas Ogi.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis Penyelengaraan KPU Iyan Sopian mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama dengan Bawaslu giat melakukan kegiatan verifikasi faktual kepada setiap partai politik di Sumedang.

0 Komentar