Resep Sate Maranggi yang Asli, Rasanya Empuk dan Nikmat Seperti di Restoran

Resep Sate Maranggi yang Asli, Rasanya Empuk dan Nikmat Seperti di Restoran
Resep Sate Maranggi yang Asli, Rasanya Empuk dan Nikmat Seperti di Restoran (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Resep Sate Maranggi yang asli, rasanya empuk dan enak seperti di Restoran.

Meskipun Indonesia baru merdeka beberapa puluh tahun yang lalu, namun sudah memiliki banyak sekali hidangan dari seluruh Nusantara yang menjadi bagian dari kekayaan kuliner negara ini.

Salah satu resep tradisional yang terkenal hingga ke luar negeri adalah Sate Maranggi.

Baca Juga:3 Rekomendasi Hotel Bintang 5 di Bandung, Harga Sewa Inapnya Khusus SultanSekda Jabar: ASN Harus Punya Critical Thinking

Yang membedakan Sate Maranggi dengan banyak resep masakan lainnya adalah penggunaan daging sapi. Sebelumnya, daging direndam dalam berbagai bumbu sehingga tidak membutuhkan bumbu cocolan tambahan.

Namun, tentu saja boleh saja menambahkan sambal kecap pedas, cabai rawit, atau acar jika diinginkan. Bagi saya, kelezatan dan kelembutan daging sapi maranggi sudah cukup lengkap.

Tambahkan sepiring nasi dengan taburan bawang goreng merah, maka rasanya tak ada yang bisa mengalahkan hidangan ini hari ini.

Ada banyak teori yang mengisahkan asal usul resep Sate Maranggi. Selain versi dari Cianjur, dikatakan bahwa orang pertama yang menciptakan sate ini adalah Mak Ranggi di Purwakarta ratusan tahun yang lalu.

Nama sate ini berasal dari legenda tersebut. Versi lain adalah akulturasi teknik kuliner Tiongkok yang diperkenalkan oleh para pendatang di masa lalu.

Teknik marinasi daging dengan cita rasa kaya dan manis ini konon mirip dengan dendeng. Menarik, mengingat banyak variasi sate lainnya di Indonesia yang lebih mengandalkan bumbu oles daripada proses perendaman.

Namun, apapun ceritanya, Sate Maranggi merupakan salah satu warisan kuliner Indonesia yang patut dilestarikan. Terlebih, sate ini telah dikenal di mancanegara sebelum hidangan khas lainnya.

Baca Juga:Konsep dan Fasilitas Hotel Pullman Bandung, Tempat Jokowi Menginap Usai Resmikan Tol CisumdawuPresiden Jokowi Kunjungi RM Tahu Bungkeng Sumedang Usai Resmikan Tol Cisumdawu, RM Tahu Bungkeng : Presiden Pernah Kesini!

Bagi para pecinta kuliner, saatnya untuk semangat mencoba memasaknya dan mempromosikan kelezatannya ke seluruh dunia!

Bahan utama :

  • 500 g daging sapi
  • 5 lembar daun pepaya
  • 1 sdm gula merah
  • 2 sdm air asam jawa
  • 5 sdm Bango Kecap Manis Pedas
  • ½ sdt Royco Kaldu Sapi
  • ½ sdt lada bubuk
  • 2 sdm minyak sayur
0 Komentar