5 Agustus Berapa Hijrah? Berikut Menurut Kalender Islam

5 Agustus Berapa Hijrah? Berikut Menurut Kalender Islam
5 Agustus Berapa Hijrah? Berikut Menurut Kalender Islam (Ar Rifa'i)
0 Komentar

sumedangekspres – 5 Agustus Berapa Hijrah?, hari ini adalah hari Sabtu, 5 Agustus 2023. Apa hijiri dalam penanggalan Islam? Berapa kecepatan hari ini?

Kalender Islam adalah penanggalan dengan perhitungan menurut peredaran bulan mengelilingi bumi. Kalender ini juga dikenal sebagai kalender Hijriah.

5 Agustus Berapa Hijrah?, penamaan penanggalan Islam dengan Hijriah didasarkan pada peristiwa hijrahnya Nabi dari Mekkah ke Madinah.

Baca Juga:2 Episode Terbaik Serial Kartun Upin dan Ipin Tadika MesraCara Menggambar Pemandangan yang Sederhana Tapi Keliatan Mewah?

Menurut kalender Islam, 5 Agustus 2023 bertepatan dengan 18 Muharram 1445 Hijriah. Muharram adalah bulan pertama dalam penanggalan Islam.

Perubahan tanggal dalam kalender Islam dimulai saat matahari terbenam. Maka malam Minggu kita akan memasuki 19 Muharram 1445 Hijriah.

Pada hari ini, tidak ada jadwal puasa. Kecuali yang ada pada jadwal puasa Dawud.

Fast dawud adalah interlaced yang dieksekusi cepat; Puasa hari ini, bukan besok.

Puasa Dawud termasuk salah satu puasa yang utama. Dalam hadits disebutkan :

عن عبد الله بن عمرو بن العاص قال: قال رسول الله ﷺ: إن أحب الصيام إلى الله صيام داود

Dari Abdullah bin Umar bin Ash Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya puasa yang lebih disukai oleh Allah adalah puasa Dawud.”

Bagi anda yang ingin melakukan puasa Dawud hari ini tanggal 5 Agustus 2023, tujuannya adalah :

Saya berencana puasa Dawud karena Allah taala.

Baca Juga:3 Fakta Rania Maheswari Yamin Keturunan Mangkunegaran dan Cicit Pahlawan Moh. YaminMemohon Kecantikan Sejati Melalui Doa: Menggapai Kulit Bebas Jerawat

Niat puasa Dawud tidak perlu diucapkan dalam bahasa Arab. Anda bahkan bisa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

Demikian juga, niat tidak harus diungkapkan secara lisan. Apa yang wajib diucapkan dalam hati pada malam hari.

Jika Anda lupa niat di malam hari, Anda boleh melakukannya di pagi hari selama tidak melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

(PKL / SILVIA SEPTIANTI)

0 Komentar